Siswa MTs Muda Kedungadem praktek membuat Batik Ecoprint sebagai wujud Implementasi P5RA

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – MTs Muhammadiyah 2 (MTs Muda) Kedungadem Bojonegoro mengelar praktek pembuatan batik dengan teknik Ecoprint sebagai wujud implementasi   Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alaamin (P5RA), Kamis (14/9/2023).

Dalam praktek pembuatan batik Ecoprint dimulai pukul 13:00-14:30 wib yang di ikuti oleh siswa-siswi kelas 7 yang berjumlah 12 Kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 6 siswa.

Batik Ecoprint sendiri merupakan batik yang di buat dari bahan alami sperti daun-daunan dan bunga bebas sebagaimana penjelasannya Imro’atun Hasanah Salah satu Fasilitator P5RA yaitu Ecoprint merupakan teknik memberi pola pada bahan atau kain dengan menggunakan bahan alami seperti daun dan bunga dan Ecoprin sendiri memiliki 3 Teknik dalam pembuatannya yaitu teknik Pounding (dipukul), Stim (dikukus) dan fermentasi.

“Sedangkan kami dalam prakteknya memilih teknik Puonding” Jelasnya.

Selain itu juga dikatakan bahwa dalam praktek ini mereka menggunakan bahan Kain Katun, Daun dan bunga bebas, dengan kriteria memiliki kandungan air yang sedikit dan berwarna cerah contoh yang di bawa anak-anak ada Bunga pecah piring, bunga sepatu, bungan kamboja dan bunga bugenfil. (red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.