Kerajinan Tas Dari Kulit Sapi Bojonegoro, Tembus Hingga Luar Negeri

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro kaya akan produk berkualitas tinggi. Salah satunya tas dan dompet dari kulit sapi. Kerajinan itu diproduksi di sentra kerajinan kulit sapi asli milik Moch Bachtiar Riza Fahma, pemuda 23 tahun asal Desa Sambiroto Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.

Pemuda yang kerap dipanggil Riza ini menjelaskan usahanya tersebut bermula dari niatnya mengembangkan pengetahuan yang didapat di Politeknik Pengolahan Kulit. Selain itu, tujuannya sekaligus membantu kakak tingkatnya yang dikenalnya di bidang kerajinan kulit.

“Kurang lebih saya bantu di sana selama 2 tahun, setelah pendidikan saya selesai saya pulang ke Bojonegoro akhir 2019 lalu,” kata Riza mengawali kisahnya, Minggu (23/5/2021).

Ia kemudian merintis usaha di bidang yang sama dan mulai memiliki karyawan tetap untuk melakukan produksi. Alhasil dirinya malah kebanjiran pesanan di awal pandemi covid-19.

“Justru saat baru merintis usaha di awal pandemi saya tidak merasa terhalang, karena masih banyak pesanan, saya baru merasakan penurunan saat pertengahan pandemi tahun lalu,” bebernya.

Meskipun begitu dirinya mensyukuri penjualanya saat ini yang kurang lebih mendapatkan Rp 5 juta hasil laba bersih dari penjualan tas dan dompet. Yakni dari sekitar 3 hingga 4 lusin jenis produk yang ia produksi bersama 1 karyawan tetapnya.

“Alhamdulillah, Selama satu setengah tahun ini merintis usaha di Bojonegoro saya sudah memiliki 4 toko langganan yang selalu meminta suplai tas dan dompet,” tandasnya.

Selain memiliki langganan tetap, produk tas dan dompet kulit Riza juga dilirik konsumen luar kota seperti Serang, Kalimantan, Sulawesi, bahkan hingga luar negeri seperti Malaysia. Penjualan  selama ini hanya dari akun Facebook dan status WhatsApp.

Ia mengaku paling banyak mendapatkan pesanan dari kenalan pelangganya yang menyukai produk tas maupun dompet kulit yang berasal dari kulit sapi.

“Paling laris itu kulit sapi, tapi juga pernah buat dari bahan kulit ular dan kulit biawak karena ada pesanan pelanggan,” ungkapnya.

Selain membuat tas dan dompet menggunakan bahan yang diminta pembeli dirinya juga bisa membuat berbagai macam tas dan dompet dengan bentuk yang sesuai keinginan pembeli.

“Bagaimanapun bentuknya saya bisa buatkan tapi minimal pesan 1 lusin dengan model yang sama,” pungkasnya. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.