Sekitar 15 Hektar Tanaman Padi Di Kecamatan Trucuk Ini Terancam Gagal Panen

oleh -159 views

Reporter : Yudianto

Suara Bojonegoro.com – Akibat diserang hama wereng, sekitar 15 Hektar Tanaman padi di Desa Tulung, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro tetancam gagal panen karena tanaman padi milik petani yang berusia sekitar 60 hari mati dan kering akibat hama wereng tersebut.

Dari pantuan media SuaraBojonegoro.com, tanaman padi milik petani di Desa Tulung ini sejak dua pekan mulai rusak dan mengering karena hama wereng yang tidak bisa dihindarkan oleh petani.

Seperti yang disampaikan oleh kepala Desa Tulung, Darto, menyatakan bahwa hama wereng memakan tanaman padi ini mulai tanaman padi ini saat mulai berbulir, “Sedikit demi sedikit banyak tanaman padi mengering, sehingga mati dan dipastikan semua yang diserang hama wereng akan gagal panen,” Kata Darto.

Dengan kondisi demikian, para petani yang tanaman padinya diserang hama wereng mengalami kerugian yang tidak sedikit, dengan adanya musibah ini para petani banyak yang tidak bisa panen dan berharap ada solusi dari pemerintah melalui dinas terkait.

“Masyarakat petani ya mengeluh mas, karena tidak bisa panen dan tidak bisa berbuat apa apa karena musibah ini,” Tambah Kades Tulung.

Beberapa sawah yang tanaman padinya bisa dipanen, warga terpaksa harus melakukan panen dini, karena khawatir habis diserang hama wereng. (Yud/Red)