Dukung Pengembangan Usaha Ternak, EMCL Serah Terimakan Program Usaha Peternakan di Desa Jono

oleh -48 views

SuaraBojonegoro.com – Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Lapangan Banyu Urip,  ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) melakukan serah terima program usaha peternakan kepada Kelompok Ternak Kedung Gondang, Kamis (30/7) di Aula Kandang Kelompok Ternak Kedung Gondang, Desa Jono, Kecamatan Temayang.

Acara serah terima ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Usaha Ternak Rakyat Kabupaten Bojonegoro yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ternak dan kemampuan peternak di Desa Jono. Acara ini dihadiri oleh Ike Widyaningrum mewakili Bapedda Kabupaten Bojonegoro, Wiwik Sulistyo selaku perwakilan Dinas Peternakan, Imam Cahyono selaku Camat Temayang serta Henis selaku Lurah Desa Jono.

Bagian dari program ini meliputi perbaikan kandang sapi, perbaikan aula ternak, pembangunan tempat pakan (silo), pembangunan 2 reaktor biogas, jaringan energi biogas dan pengering slurry.

Imam Cahyono selaku Camat Temayang mengapresiasi program yang diusung oleh EMCL ini. Ia mengungkapkan, kini Desa Jono lebih dikenal di kalangan masyarakat sebagai Desa Peternak.

“Desa Jono terkenal sebagai techno park berkat dukungan baik dari EMCL ini,” ujar Imam.

Saat ini di Kecamatan Temayang terdapat setidaknya 9 kelompok ternak dan 8,300 populasi sapi. Salah satu kelompok tani yang perkembangannya paling menjanjikan adalah Kelompok Kedung Gondang yang berada di Desa Jono.

Tak hanya serah terima program, acara ini juga diikuti oleh penampilan karawitan Wahyu Taruna Budaya.

Hasti Asih selaku perwakilan dari EMCL menyampaikan rasa syukur atas capaian program di Desa Jono ini. “Program ini setidaknya dapat mendukung ekonomi masyarakat di desa sehingga peternak menjadi lebih berdaya,” ungkap Hasti.

Hasti menambahkan, program ini adalah bentuk komitmen EMCL kepada masyarakat di wilayah operasinya. Pengembangan Ekonomi Masyarakat merupakan salah satu pilar program pengembangan masyarakat EMCL. (Lis/Red)