Basudewa Siapkan Program Unggulan Perhutanan Sosial

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Bojonegoro, Basuki-Pudji Dewanto, menyiapkan program kesejahteraan masyarakat di wilayah seputaran hutan. Program tersebut bakal menjadi program unggulan paslon nomor urut 4 ini.

Calon Wakil Bupati Bojonegoro, Pudji Dewanto mengatakan, salah satu program unggulan pasangan Basudewa (Basuki-Pudji Dewanto) adalah Perhutanan Sosial.

“Program perhutanan posial sangat cocok untuk diterapkan di Kabupaten Bojonegoro, karena Kabupaten Bojonegoro sekitar 40% merupakan kawasan hutan,” katanya.

Selain itu, Pudji Dewanto menjelaskan, kantong-kantong kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro banyak berada di daerah sekitar hutan. Karena itu, dengan program perhutanan sosial dapat mengangkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

“Karena masyarakat sekitar hutan (penggarap lahan hutan) dapat diberikan akses legal untuk memberdayakan lahan hutan garapannya, adanya SK Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial atau banyak disebut Sertifikat Perhutanan Sosial yang mempunyai jangka waktu selama 35 tahun, dapat diperpanjang dan diwariskan namun tidak dapat dijualbelikan,” ujarnya.

Setelah mendapat SK tersebut, lanjut pria yang akrab disapa Kang PD ini, penggarap lahan hutan juga diberikan pembimbingan dan pelatihan serta disediakan bantuan kredit usaha rakyat (KUR ) dari Bank BNI dengan bunga sangat ringan.

“Kawal perjuangan kami (Basudewa) agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat bojonegoro,” pungkasnya.

Pasangan calon yang diusung Partai Gerindra dan PPP ini menuturkan, bahwa program perhutanan sosial tersebut merupakan program pemerintah pusat yang harus dikawal ketat agar dapat bermanfaat lebih untuk masyarakat Bojonegoro. (bim/yud)

Reporter : Bima Rahmat

Editor : M.E Wahyudi

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.