GENERASI MUDA BERSAMA PANCASILA

oleh -0 views

Oleh : Muhammad Azmi Romdlony

SuaraBojonegoro.com – Pancasila sekarang di zaman millenial sangat penting karena sangat sesuai dengan budaya dan kepribadian bangsa Indonesia, maka dari itu kita harus tetap berpegang teguh kepada pancasila dalam setiap tingkah laku sehari-hari. Yang dipertanyakan, apakah generasi muda bisa tetap berpegang teguh kepada Pancasila di era globalisasi? dimana banyak pengaruh yang membuat kita melupakan nilai-nilai pancasila.

Termasuk dampak negatif maupun positif yang dilakukan generasi sekarang. Contohnya dampak negatif nya yaitu : tawuran antar pelajar, genk motor, pergaulan bebas, penggunaan narkotika. Dampak positif yaitu banyak nya pembisnis muda yang menggunakan social media untuk membuka lapangan pekerjaan dan memberi pengaruh besar kepada generasi muda lainnya.

Maka dari itu kita tidak hanya sekedar mengerti apa itu Pancasila, tetapi kita harus bisa memaknai dan menggunakan nya kedalam sehari-hari arti dari setiap sila-silanya. Pendekatan dengan pancasila pertama dari lingkungan keluarga,karena keluarga merupakan pendidikan pertama untuk membentuk karakter anak dengan mengarahkan anak sedini mungkin tentang kewajiban yang harus dilakukan dan memberikan hak dengan baik.Pendekatan kedua dari lingkungan sekolah,yaitu peran guru sangat penting untuk mengarahkan perilaku muridnya dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang sebenarnya.Mulai dari kebiasaan untuk berdoa setiap sebelum kegiatan belajar mengajar.Ketiga mengamalkan pancasila di lingkungan masyarakat ,yaitu dengan keberagaman suku namun kerukunan antar seluruh umat tetap perlu dijunjung tinggi.

Seiring berjalan perkembangan zaman di era globalisasi banyak tren yang semakin tidak beraturan dan keluar dari aturan pancasila.Teknologi yang berkembang pesat ditengah generasi muda mengakibatkan kita menjadi lebih mudah mengakses apapun,itupun ada dampak negatif dan positifnya.Dampak negatif nya jika kita menyalahgunakan nya kita bisa dengan mudah mengakses kepentingan yang negatif.Dampak positif nya adalah kita bisa menggunakan internet sebagai media informasi yang cepat dan membagikan edukasi atas kemampuan yang kita miliki.Kunci sukses anak muda sekarang adalah dengan meningkatkan soft skill dan hard skill, karena kedua itu bisa meningkatkan mutu dan kualitas setiap generasi muda.

Generasi muda adalah generasi emas bangsa karena mereka lah yang meneruskan dan menentukan nasib bangsa ini.Semakin lama pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik namun tidak dipungkiri bahwa nilai-nilai pancasila itu tidak terlihat lagi.Tugas kita sebagai anak muda mengingatkan dan berbagi hal-hal yang berkaitan dengan pancasila mewujudkan Indonesia yang lebih maju.Semua itu tergantung dengan masyarakatnya atau orang-orang dinegeri ini yang mampu menerapkan nilai-nilai didalamnya.Jadi kita sebagai bangsa Indonesia harus saling membantu agar nilai-nilai pancasila tidak hilang pada diri kita.

Kitasebagai generasi muda harus punya jiwa nasionalisme yang kuat serta mampu banyak berkarya di era sekarang karena didalam pancasila tercermin jati diri bangsa ini dan merupakan satu-satunya pedoman yang harus kita junjung tinggi disetiap nilainya.Semoga kedepannya generasi muda yang belum mencintai dan menjujung tinggi nilai dari pancasila itu sendiri didalam jiwa dan raganya. (**)

*) Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikam, Universitas Islam Malang.