Pilkades Kedungadem, Diduga Banyak Pemilih Ganda

oleh -771 views

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Dalam pemilihan kepala desa serentak yang akan digelar pada tanggal 26 Juni 2019 terdapat dugaan adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda di desa Kedungadem, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro. Selasa (18/06/19).

Hal ini disampaikan Pairin, salah satu calon kepala desa setempat. Kepada suarabojonegoro.com, dirinya menyatakan bahwa terdapat 100 lebih suara DPT ganda.

Dirinya juga mengaku jika waktu dirinya mendaftarkan diri tidak mendapatkan tatib dan DPT.

“Waktu pengambilan nomor urut tatib baru dikasihkan, DPT pun belum dicetak,” katanya.

Dirinya mengaku jika DPT baru diterimanya pada tanggal 15 Juni yang lalu. Pairin menjelaskan jika DPT yang saat ini sudah tidak layak, pasalnya terdapat warga yang sudah meninggal yang masih terdaftar di DPT saat ini.

“Masyarakat yang punya KTP, Pilpres juga ikut nyoblos kenapa tidak dimasukkan ke DPT,” ujarnya.

Sebagai calon kepala desa dirinya telah mengecek di masing-masing wilayah untuk memastikan DPT tersebut.

“Saya sudah tanya ke panitia, mestinya yang menjawab itu panitia bukan pak camat,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan calon kepala desa Farid Ma’ruf. Kepada suarabojonegoro.com, dirinya mengaku jika pada DPT sudah ditetapkan pada tanggal 1 April 2019 yang lalu. Akan tetapi saat dirinya mendaftarkan diri sebagai calon tidak mendapatkan daftar DPT.

“Waktu saya minta katanya belum dicetak dan katanya masih diverifikasi ke RT. Padahal itu (DPT.red) sudah ditetapkan 1 April mestinya sudah dicetak dan diberikan ke calon,” jelasnya.

Tidak hanya itu dipertengahan bulan Ramadhan dirinya juga mempertanyakan terkait masalah DPT tersebut dan mendapat alasan yang sama.

“Setelah pengambilan nomor pukul 15.00 WIB, panitia datang kesini mengantar DPT dan kita mengganti biaya foto kopinya. Dan setelah kita teliti ternyata ada penggandaan,” pungkasnya. (Bim/red).