,

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Manfaat buah srikaya – Buah Srikaya atau Annona squamosa merupakan tanaman yang berasal dari daerah Tropis. Buahnya berdiameter 6-10 cm, kulit berbenjol, bersisik dan bermata banyak serupa dengan sirsak, sedangkan daging buahnya berwarna putih. Di negara lain seperti India, biji buah srikaya dimanfaatkan untuk tonik rambut dan membasmi kutu rambut. Bahkan di beberapa tempat, bijinya digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama ulat dan rayap tanah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat buah srikaya untuk kesehatan. Sebelum kami menjelaskan tentang manfaat buah srikaya untuk kesehatan, kami akan menjelaskan terlebih dahulu kandungan nutrisi buah srikaya. Berikut penjelasannya untuk anda:

Kandungan Nutrisi Buah Srikaya

* Tanin

Kandungan ini biasanya ada tanaman teh. Namun, pada buah srikaya juga ada. Zat ini yang menjadikan rasa buah menjadi asam atau pahit. Jadi jangan heran jika buah srikaya diwaktu mudah rasa asam dan pahitnya begitu sangat.

* Asam Amino

Buah srikaya memiliki kandungan nutrisi berupa asam amino. Nutrisi ini sangat berperan penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan sel. Selain itu juga sangat bagus untuk otak dalam fase berkembang.

* Potassium

Ptassium adalah sejenis zat mineral yang menjadi kebutuhan wajib tubuh. Sementara pada tubuh, tidak memproduksi zat mineral ini. Kekurangan potassium dalam tubuh, menjadikan sering terserangnya banyak penyakit.

* Magnesium

Kandungan nutrisi buah naga lainnya adalah magnesium. Zat satu ini hampir sama seperti potassium. Dimana menjadi kebutuhan wajib tubuh manusia. Mengkonsumsi magnesium sercara rutin seiap hari menjadikan tubuh sehat dan bugar.

* Niasin

Niasin adalah salah satu senyawa organik yang masih berhubungan dengan vitamin B. Ini juga sangat dibutuhkan tubuh manusia. Karena kekurangan vitamin B akan menyebabkan penyakit, seperti lamah, letih, lesu, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi.

# Manfaat Buah Srikaya

1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Senyawa niasin dalam buah srikaya baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Misalnya jantung, stroke, dan penyakit syaraf. Dengan mengkonsumsi buah srikaya secara rutin maka kadar kolesterol dalam darah akan stabil.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah srikaya baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan seratnya mudah diserap oleh usus halus sehingga zat sisa yang tidak dibutuhkan tubuh bisa keluar bersama feses. Tenaga medis menyarankan penderita konstipasi mengkonsumsi buah srikaya agar organ pencernaannya bekerja dengan baik.

3. Mencegah diabetes

Kadar gula dalam buah srikaya sangat sedikit. Hal ini menjadikan buah srikaya cocok dikonsumsi penderita diabetes. Apalagi zat gulanya bersifat alami sehingga tidak memicu kenaikan gula dalam darah. Sedangkan kandungan seratnya yang cukup tinggi berperan untuk menghambat penyerapan gula dalam darah.

4. Mengobati anemia

Anemia atau kurang darah merah bisa menyerang siapa saja. Penyebabnya karena penderita kurang mengkonsumsi sayuran yang mengandung zat besi. Sehingga hemoglobin dalam darah tidak mencukup kebutuhan tubuh. Untuk mencegah dan mengobati anemia dapat mengkonsumsi buah srikaya. Kandungan zat besinya diperlukan dalam pembentukan sel darah merah.

5. Sebagai antioksidan

Manfaat buah srikaya sebagai antioksidan. Antioksidan ini berperan menangkal radikal bebas penyebab kanker. Vitamin C yang terdapat dalam daging buah srikaya juga berperan sebagai nutrisi kekebalan tubuh. Jika tubuh mempunyai kekebalan yang bagus, maka tidak mudah terserang penyakit.

6. Menyehatkan gigi dan tulang

Mengkonsumsi buah srikaya selain dapat menikmati manis rasa buahnya juga dapat menyehatkan tulang dan gigi. Kandungan magnesium dalam daging srikaya menutrisi kebutuhan tulang dan gigi agar tidak keropos. Untuk anak- anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, disarankan mengkonsumsi buah srikaya yang sudah masak.

7. Mengobati hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi kerap menyerang orang dewasa. Akibat dari hipertensi, penderita bisa terserah stroke dan jantung. Sebagai pencegahan, dianjurkan mengkonsumsi buah srikaya agar tekanan darah normal.

8. Mengobati asma

Memiliki gejala asma memang sangat merepotkan. Aktivitas setiap hari menjadi terganggu, dan harus serba hati-hati agar penyakit asma tidak kambuh. Buah srikaya ternyata memiliki khasiat mampu mengobati asma. Dalam buah srikaya terdapat kandungan vitamin C yang merupakan salah satu jenis antioksidan.

9. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Salah satu kandungan buah srikaya yang bermanfaat untuk jantung adalah vitamin B. Kandungan ini sangat penting bagi tubuh, karena dapat mencegah perkembangan homocystein. Yang mana, homocytein dalam jumlah besar bisa menyebabkan gejala jantung koroner dan stroke.

10. Mengobati diare

Salah satu cara untuk mencegah terserang nya penyakit diare adalah dengan mencega kesehatan sistem pencernaan. Namun, jika sudah terlanjur terserang penyakit satu ini, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa memanfaatkan buah srikaya ini. Kandungan vitamin dan zat lain yang terkandung dalam buah srikaya bisa dijadikan obat alami penyembuhan diare.

11. Menjaga kesehatan mata

Memiliki mata yang sehat adalah keinginan setiap manusia. Untuk bisa mendapatkan mata yang sehat, dibutuhkan beberapa asupan nutrisi dan vitamin yang cukup. Salah satu buah yang dapat menyehatkan mata adalah srikaya. Karena dalam buah ini terkandung banyak vitamin dan riboflavin yang berperan menjaga kesehatan mata.

12. Menyembuhkan bisul

Buah srikaya ternyata juga berkhasiat untuk proses penyembuhan bisul. Cara menggunakan buah srikaya untuk menyembuhkan bisul ini sangat sederhana sekali yaitu haluskan buah srikaya kemudian campur kan sedikit garam dan oleskan pada bisul tersebut.

13. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sistem imun pada tubuh manusia tidak selamanya akan terus stabil. Pasti mengalami kenaikan dan penurunan. Nah, untuk menjaga sistem imun tetap normal dan stabil perlu mengkonsumsi asupan sehat seperti cukupnya vitamin. Buah srikaya begitu kaya akan vitamin, jadi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

14. Menambah berat badan

Bosen dengan tubuh kurus dan ingin menambah berat badan. Lakukan dengan mengkonsumsi buah srikaya. Dalam buah srikaya terdapat senyawa yang mampu meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh. Nah, jika ingin menambah berat badan secara alami, Anda bisa konsumsi buah srikaya ini secara rutin.

15. Baik untuk ibu hamil

Buah srikaya untuk ibu hamil cukup baik. Mengkonsumsi buah srikaya ketika hamil tidaklah menjadi kekhawatiran. Karena buah srikaya sangat baik untuk kesehatan otak, sistem kekebalan tubuh, dan menjaga sistem sarat manusia. Disamping itu buah srikaya juga mampu menurunkan resiko keguguran.

Sumber : DutaFemale.com

No More Posts Available.

No more pages to load.