Abidin Ajak Masyarakat Pahami Pentingnya Persatuan Indonesia

oleh -33 views

Reporter : Tata Monika

SuaraBojonegoro.com – Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H. menyampaikan bahwa kita punya dasar negara, yaitu Pancasila. Sejarah lahirnya Pancasila adalah pada 1945 sebelum Indonesia merdeka, para pendiri bangsa bersidang di Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada 29 Mei sampai 1 Juni 1945.

“Sidang tersebut membahas tentang kalau Indonesia merdeka apa dasar negaranya, dan pidato Bung Karno pada 1 Juni menjadi rujukan utama Pancasila dan telah disepakati para pendiri bangsa menjadi dasar negara kita,” papar Abidin.

Penjelasan mengenai sejarah Pancasila tersebut itu Abidin jelaskan pada Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Desa Wolutengah, Kerek, Tuban, Selasa, (5/2/2019).

Abidin juga menjelaskan mengenai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang harus dijaga, karena itulah bentuk negara yang cocok buat masyarakat Indonesia. “Dan mari kita lihat dari sejarah perjuangan kemerdekaan, persatuan Indonesia adalah yang paling penting, kita dulu dijajah oleh negara lain karena kita mudah dipecah-belah, kalau kita bersatu kita akan jadi bangsa yang kuat dan besar” jelas Abidin. (Nik/Li