Pertamina EP Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan untuk 400 Warga

oleh

SuaraBojonegoro.com – Kesekian kalianya, masyarakat di sekitar wilayah operasi PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field mendapatkan Pemeriksaan dan Pengobatan Warga (PPW). Kali ini melalui Program Sahabat Pertamina kembali menggelar untuk tiga desa dengan sasaran 400 warga. Rabu (09/01/2018).

 

Dimulai Rabu, kegiatan berlangsung di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Selanjutnya pada 10 Januari giliran di Desa Sambiroto dan 12 Januari bertempat di Desa Campurejo, Kecamatan Kota, Bojonegoro.

Sasaran PPW yang dilaksanakan Sukowati Field bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICsada) Bojonegoro adalah warga lanjut usia (Lansia) yang memiliki masalah kesehatan dan secara ekonomi kurang mampu.

“Jumlah keseluruhan peserta sebanyak 400 warga dalam satu periode PPW dari tiga desa,” kata Ketua Yayasan Dharma Cendekia, induk STIKes ICsada, Nurul Jariyatin.

Perempuan yang juga Tenaga Ahli Program Sahabat Pertamina itu menambahkan, kegiatan PPW bagi tiga desa mitra Program Sahabat Pertamina dilaksanakan pada awa tahun 2019. PPW ini sangat ditunggu oleh warga dari tiga desa, dibuktikan dari pertanyaan warga pada Tim Sahabat Pertamina saat berkunjung di Keluarga Binaan (KaBi).

“Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro sebagai mitra dari Sukowati Field berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesehatan warga, serta turut serta membantu tercapainya Indonesia Sehat,” tegasnya.

Bu NJ, begitu ia biasa disapa menegaskan, bukan sekadar PPM, namun Tim Sahabat Pertamina juga memberikan edukasi sebagai langkah promotif, cek keksehatan sebagai lagi kuratif dan pengobatan dasar bagi yang mengalami gangguan kesehatan.

Apresiasi diberikan oleh Kepala Puskesmas Tanjungharjo, dr. Fifi Erliana. Menurutnya, PPW seperti ini sangat bagus karena kalau dilihat dari antusias masyarakat Ngampel cukup senang. Selain itu tugas Puskesmas di masyarakat dibantu secara maksimal.

“Semoga PPW seperti ini bisa terus ada ke depannya. Terima kasih Sukowati Field dan STIKes ICsada,” jelas dr. Fifi.

Sementara itu Koordinator Kader Desa Ngampel, Indrawati menambahkan, kegiatan PPW yang dilaksanakan leh STIKes ICsada dan didukung Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field ini Sangat bermanfaat dan membantu warga, khususnya Desa Ngampel. Karena banyak sekali ilmu tentang kesehatan yang didapatkan dan memperoleh cek kesehatan serta obat.

Terpisah, FM Sukowati Field, Heri Aminanto mengatakan, PPW ini digelar bersama mitra di Program Sahabat Pertamina sudah kesekian kalinya sejak periode Pertamina EP Sukowati Field beroperasi mulai pertengahan tahun 2018.

“Kami sangat senang ketika mendengar manfaat positifnya bagi warga sekitar. Bahkan terus terang terharu sampai menitikan air mata,” terangnya.

Semenjak ada program, ternyata peningkatan kesehatan masyarakat di sekitar Sukowati Field bertambah baik. Harapannya ke depan manfaatnya semakin besar. (SB/Lis)