Tingkatkan Kompetensi Guru Matematika melalui PKM IndoMS Jawa Timur

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) tahun 2024, pengurus IndoMS Wilayah Jawa Timur melaksanakan pelatihan kepada guru matematika di Jawa Timur. Sabtu (14/09/2024).

Kegiatan yang bertempat di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Kabupaten Jombang ini berfokus pada pembinaan guru persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang matematika tingkat SMA/MA, pemanfaatan AI dalam pembelajaran matematika, penyusunan modul ajar matematika berbasis kurikulum merdeka, dan penyusunan asesmen pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka.

Adapun peserta kegiatan pelatihan tersebut berjumlah kurang lebih 220 orang yang terdiri dari guru SMA, guru matematika MA, guru matematika SMK dan akademisi bidang matematika di Wilayah Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur IndoMS Wilayah Jawa Timur yakni Dr. Noor Hidayat, M.Si. (Universitas Brawijaya Malang). Dalam sambutannya, Noor Hidayat menyatakan bahwa IndoMS Wilayah Jawa Timur menjadi salah satu IndoMS yang paling aktif melaksanakan kegiatan pelatihan bagi guru dan dia bersyukur karena kegiatan PKM tahun ini bisa dilaksanakan secara luring di Jombang.

Kegiatan ini diawali dengan laporan dari ketua panitia dan sambutan dari Gubernur IndoMS, kemudian acara dibuka secara resmi oleh pimpinan pondok pesantren Darul Ulum KH. Cholil Dahlan. Setelah itu, peserta dibagi menjadi 5 kelas terpisah untuk menerima materi pelatihan.

Salah satu peserta pelatihan Darum Budiarto, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bagus bagi guru matematika karena kita mendapat kesempatan untuk bisa mengupdate dan mengupgrade pengetahuan kita pada bidang matematika secara langsung dari narasumber kompeten yang berasal dari para dosen matematika Perguruan Tinggi ternama di Jawa Timur.

” Bermanfaat bagi kami, sekaligus berkesempatan untuk selalu meng update dan mengupgrade pengetahuan pada bidang matematika, “ungkap Darun.

Masih menurut Darum bahwa melalui kegiatan ini kita bisa bertemu dengan para dosen, berkumpul dan menambah jejaring sesama matematikawan khususnya di Wilayah Jawa Timur untuk membangun koneksi dan rencana kerja sama.

“Peserta yang telah mengikuti pelatihan hari ini diharapkan bisa mengimbaskan hasil pelatihan ke rekan sejawat melalui komunitas belajar di daerahnya masing-masing, materi pelatihan juga dapat digunakan sebagai materi penunjang kegiatan pembelajaran matematika di sekolah dan juga harapan ke depannya semoga PKM IndoMS bisa dilaksanakan secara luring di wilayah Bojonegoro, ” pungkas Darum yang juga sebagai guru penggerak angkatan 7.

Untuk diketahui (Indonesian Mathematical Society) atau yang disingkat IndoMS merupakan Himpunan Matematika Indonesia yang telah berdiri sejak tanggal 15 Juli 1976 di Bandung. Organisasi ini sebagai wadah bagi kawan pendidik, pengguna, dan penggemar matematika untuk berkomunikasi dan saling bertukar informasi. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.