Wabup Bojonegoro Raih PWI Jatim Awards Bidang Prestasi Otomotif

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, meraih penghargaan sebagai Tokoh Politik Peduli Olahraga bidang otomotif dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur (Jatim). Deretan prestasi yang diraih adalah salah satu yang mengantarkannya ke dalam parameter yang ditetapkan PWI Jatim.

Penghargaan itu diserahkan dalam acara PWI Jatim Awards yang diselenggarakan bersamaan dengan perayaan puncak Hari Pers Nasional ke 77 di Tegowangi Ballroom Hotel Grand Surya Kediri, Jawa Timur, Sabtu (11/3) malam kemarin.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jatim, Erwin Muhammad mengatakan, bahwa pemberian penghargaan kepada beberapa tokoh pada ajang PWI Jatim Awards, dalam hal ini khususnya kepada Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro tidak serta merta tanpa melalui pertimbangan yang matang. Pihaknya menggunakan parameter yang jelas dalam memberikan penghargaan itu.

Selain menjadi penggemar olahraga dalam bidang otomotif, Budi Irawanto juga dikatakan telah berulang kali meraih prestasi dibidang yang dia gemari, khususnya kategori off road. Sederet prestasinya itu juga mengantarkan Wabup Bojonegoro menjadi pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jatim. Tak hanya itu, Budi Irawanto juga didaulat menjadi pengurus sejumlah organisasi komunitas otomotif di Jawa Timur, utamanya di Bojonegoro.

“Jadi parameter yang kami pakai dalam pemberian penghargaan itu tidak asal-asalan,” kata Erwin Muhammad, Minggu (12/3/2023).

Erwin melanjutkan, hobi yang dilakoni oleh Budi Irawanto juga berkaitan erat dengan peningkatan ekonomi. Contohnya yakni ketika ada pagelaran offroad yang diadakan di pelosok desa dapat mamacu perputaran ekonomi setempat.

“Dampak dari event offroad yang berlangsung di pelosok desa itu juga mampu mengangkat perekonomian,” lanjutnya.

Para penerima penghargaan itu dinyatakan memang merupakan penghobi sekaligus peraih prestasi olahraga. Maka dari itu, pria yang akrab disapa Erwin ini menegaskan, jika penghargaan yang diberikan oleh PWI Jatim memang sudah menjadi hak yang bersangkutan.

“Dalam bidang otomotif, kami menilai Wakil Bupati Bojonegoro memang sudah berhak mendapatkan penghargaan atas prestasinya,” tegas Erwin.

Sementara itu Wakil Bupati Bojonegoro, yang akrab disapa Mas Wawan mengaku, jika hoby yang dijalaninya itu sudah dia geluti sejak lama, jauh sebelum dirinya menjabat sebagai orang nomor dua di wilayah yang kaya akan hasil minyak dan gas bumi. Maka tak mengherankan jika halaman rumah dinasnya dipenuhi dengan koleksi mobil dan motor sport.

“Hobi (otomotif) ini sudah lama saya geluti, dan banyak tantangan disini,” beber Mas Wawan.

Pria kelahiran Bojonegoro 9 Oktober 1967 ini menuturkan, bahwa dunia otomotif yang dia gandrungi menjadi salah satu cara membangun jaringan dan memperbanyak saudara. Melalui otomotif, diamengaku bisa berbuat baik kepada sesama.

“Sekali lagi, motivasinya tidak lebih sebagai sarana untuk menambah saudara,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam hal organisasi, pria yang meraih gelar Master Pendidikan (M.Pd) dari Universitas Adi Buana Surabaya pada tahun 2002 itu pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bojonegoro periode 2015-2020. Selain itu, dia juga pernah tercatat menjadi Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Indonesian Offroad Feferation Cabang Bojonegoro periode 2015-2020.

Jabatan lain yang pernah diemban Mas Wawan, adalah Ketua Akademi Perawat (Akper) Rajekwesi tahun 1996-2003, Kepala SMK PGRI 2 Bojonegoro 2002-2006 Rektor Institut Ilmu Keguruan dan Pendidikan (IKIP) PGRI Bojonegoro 2008-2016.

Khusus dalam bidang politik, karir Budi Irawanto diawali dari menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro mulai periode 1999-2004, 2009-2014, 2014-2018, dan berlanjut hingga menduduki kursi sebagai Wakil Bupati Bojonegoro untuk periode 2018-2023 mendatang. (Lis/SAS)

No More Posts Available.

No more pages to load.