Damkarmat Bojonegoro Nyatakan Ratusan Peristiwa Kebakaran terjadi Dimusim Kemarau

oleh -
oleh

Reporter : Lina Nur Hidayah

SuaraBojonegoro.com – Banyak nya kebakaran yang melanda di seluruh wilayah kabupaten Bojonegoro pada musim kemarau, telah tercatat sebanyak 271 peristiwa kebakaran yang terjadi di Bojonegoro.

Data tersebut diperoleh dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Bojonegoro dari Bulan Januari hingga September 2024.
Zaenul Ma’arif Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan Damkarmat Bojonegoro menyatakan bahwa untuk bulan September tahun ini telah terjadi 33 Peristiwa kebakaran.

” Ada 16 jenis kebakaran dan bulan September ini telah terjadi 33 Peristiwa kebakaran,” kata Kabid Pemadam dan Penyelamatan Damkarmat Bojonegoro saat di konfirmasi wartawan suara Bojonegoro.com (17/09/24).
33 Peristiwa tersebut berasal dari jenis kebakaran permukiman/rumah sebanyak 3 peristiwa, 24 peristiwa kebakaran lahan/pekarangan,1 peristiwa kebakaran tabung LPG, 1 peristiwa jenis kebakaran meteran listrik, 2 kebakaran jenis kendaraan, 1 kebakaran jenis oven dan 1 peristiwa kebakaran jenis lahan hutan.

” yang terbanyak jenis kebakaran lahan/pekarangan, sampah, jerami, rumpun dan bambu sebanyak 23 peristiwa kebakaran.” tambah Zaenul Ma’arif.

Sementara itu, berdasarkan data kejadian kebakaran rumah tahun 2024 sampai bulan September tercatat 248 peristiwa dengan tafsir kerugian terbanyak pada tahun ini sebesar
Rp.503.050.000 (3 rumah terbakar) yang di sebabkan konsleting listrik pada 25 Juli 2024 di kecamatan Kedungadem.
kejadian kebakaran pada bulan September 2024 terjadi di 9 Kecamatan antara lain Kecamatan Baureno 2 kali kejadian, Kedungadem, Sumberejo, serta 2 kali kejadian di kecamatan Sugihwaras, Kapas,dan kecamatan Sukosewu.
Dengan tafsir kerugian terbesar pada bulan September sebanyak 300 juta rupiah yang terjadi di kecamatan Kedungadem.

“Penyebab terbanyak berasal dari sengaja dibakar orang tak tanggungjawab namun pada tahun ini tidak ada korban jiwa,” Jelas Kabid Pemadam dan Penyelamatan Damkarmat Bojonegoro.

Sementara sesuai data dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kabupaten Bojonegoro, jika dibanding tahun lalu jumlah kebakaran per bulan September pada tahun ini mengalami penurunan, yang mana pada Januari hingga September 2023 jumlah peristiwa kebakaran sebanyak 322 peristiwa dan pada tahun ini jumlah kebakaran rumah sebesar 248 peristiwa. (Lin/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.