Inseminasi Buatan Sebagai Alternatif Mendapatkan Buah Hati

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – RS ‘Aisyiyah Bojonegoro – Jawa Timur meresmikan Klinik Fertilitas Indonesia bersamaan dengan hari perayaan ulang tahun RS ‘Aisyiyah Bojonegoro yang ke-48 dan ulang tahun Muhammadiyah yang ke-109, masyarakat Bojonegoro kini tidak perlu pergi jauh untuk melakukan program kehamilan seperti inseminasi buatan. Selain tindakan inseminasi buatan atau IUI di Klinik Fertilitas Indonesia RS ‘Aisyiyah Bojonegoro juga bisa melakukan pemeriksaan analisa sperma dan tentunya konsultasi program kehamilan. Kamis (18/11/2021).

“Syarat utama mengikuti program Inseminasi adalah pasangan suami istri yang sah, yang dibuktikan dengan surat nikah. Untuk pemeriksaan penunjang lainnya akan disesuaikan dengan masalah masing-masing pasangan” terang dr. Ika Maret Tania, Sp.OG klinisi dari Klinik Fertilitas Indonesia RS ‘Aisyiyah Bojonegoro.

Salah satu dari program kehamilan adalah inseminasi buatan, inseminasi buatan atau Intrauterine Insemination (IUI) merupakan program kehamilan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm) dengan sel telur secara natural di dalam rahim. Tujuannya yakni meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

dr. Ika Maret Tania, Sp.OG menjelaskan bahwa Ada beberapa tahapan untuk program hamil, pertama yang paling sederhana adalah senggama terencana di masa subur (ovulasi) istri, kedua adalah pemberian obat penyubur (induksi ovulasi) dan senggama terencana, ketiga inseminasi buatan, keempat bayi tabung (IVF).

Klinik Fertilitas Indonesia saat ini sudah memiliki 70 cabang, termasuk RS ‘Aisyiyah Bojonegoro. Klinik Fertilitas Indonesia selain berdiri di Bojonegoro, ada di kota besar lainnya seperti Palembang, Solo, Sragen, Jakarta, Serang, Lampung, Samarinda dan kota-kota lainnya. Akan segera menyusul di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

“Seluruh cabang Klinik Fertilitas Indonesia termasuk RS ‘Aisyiyah Bojonegoro didukung penuh oleh Klinik Fertilitas Indonesia dalam hal pelatihan tenaga kesehatan dan juga pemasaran. Tujuan kami mendirikan Klinik Fertilitas Indonesia di RS ‘Aisyiyah Bojonegoro untuk membantu pasangan suami istri di Bojonegoro dan sekitarnya yang kesulitan mendapatkan buah hati, harapan kami dengan hadirnya kami di RS ‘Aisyiyah Bojonegoro tidak perlu ke luar kota untuk mendapatkan layanan program kehamilan” ujar Susanto sebagai Regional Business Operation Klinik Fertilitas Indonesia.

dr. Ika Maret Tania, Sp.OG menambahkan adapun Tips untuk para pejuan buah hati yang sedang melakukan program hamil bersabar, berdoa dan tidak putus asa.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro, dr. Tomy Oeky Prasiska dalam sambutan pada acara Launching Klinik Fertilitas Indonesia RSIA ‘Aisyiyah Bojonegoro menyampaikan bahwa adanya Klinik Fertilitas Indonesia sangat selaras dengan misi rumah sakit. Bahwa Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro sungguh-sungguh untuk menyediakan fasilitas rumah sakit yang modern, lengkap dan berkualitas.

“Menjaga amanah agar terus dapat berbakti untuk ummat, penuh keyakinan dan optimis hadapi covid 19 agar segera berakhir dengan spirit juang menebar nilai utama” jelasnya. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.