Inilah Yang Disampaikan Kapolres Bojonegoro Tentang PPKM Skala Mikro di Kepohkidul

oleh -

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Kapolres Bojonegoro AKBP Eva Guna Pandia bersama Satgas Covid-19, melaksanakan kunjungan di Kampung Tangguh Semeru dan PPKM Skala micro di Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro. Kamis (18/03/21).

Dalam kesempatan ini, AKBP Eva Guna Pandia, mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Desa Kepohkidul untuk terus bergotong royong dalam memotong mata rantai Covid-19 salah satunya adalah dengan pemberlakuan PPKM ini. Adapun fungsi PPKM berskala mikro bertujuan untuk melaksanakan testing, tracing dan treatmen.

“Serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol kesehatan dengan 5 M,” katanya.

Guna mendukung posko PPKM ini kepala desa dipersilahkan untuk mengelola Dana Desa (DD) guna kepentingan masyarakat dalam memutus mata rantai Covid-19. Selain itu dengan adanya PPKM ini sekaligus untuk mendukung ketahanan pangan, ketahanan keamanan, ketahanan kesehatan, ketahanan pendidikan serta sebagai sumber informasi sehingga membutuhkan anggaran guna kelangsungan posko PPKM ini.

“Apabila terdapat keterbatasan yang menyangkut sarana dan prasarana posko, silahkan Dana Desa dikelola dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Kepohkidul, Samudi dalam kesempatan yang sama menjelaskan jika pemerintah desa akan selalu siap menjalankan program pemerintah termasuk dalam memutus mata rantai Covid-19 di desanya.

“Anggaran minimal 8 % dari Dana Desa akan disalurkan untuk memutus mata rantai Covid-19. Kami pemerintah desa akan berusaha semaksimal mungkin,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya PPKM ini akan berdampak baik kepada masyarakatnya. Pemerintah desa Kepohkidul akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan seperti Memakai masker, Mencuci tangan, menjaga jarak, nenjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Kami pemerintah desa akan bekerja semaksimal mungkin, karena tanggung jawab pemerintah salah satunya adalah menjamin kesehatan warganya,” pungkasnya. (Bim/red).