Keluarga Titik Awal Pembentukan Katakter

oleh -
oleh
Reporter: Roni

suarabojonegoro.com – Anggota DPRD Kabupaten Tuban, Andhi Hartanto, SPd. mengatakan kualitas kependudukan kita ditentukan oleh kualitas keluarga. “Keluarga adalah titik awal pembentukan karakter dan juga wahana pembentukan kualitas kesehatan manusia Indonesia” Kata Andhi pada saat Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Kreatif Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Parengan, Tuban, Sabtu (21/10/2017).

Di hadapan ratusan masyarakat Parengan di desa Ngawun ia menyampaikan bahwa penduduk harus tumbuh seimbang,
maka harus diatur pengendalian dan peningkatan kapasitasnya sesuai daya dukung lingkungan yang kontekstual. “Keseimbangan penduduk dapat ditandai dengan beberapa hal, yaitu turunnya laju pertumbuhan penduduk, turunnya angka kelahiran total, meningkatnya pemakaian kontrasepsi, pemenuhan pelayanan kebutuhan KB, menurunnya rata-rata jumlah anak serta menurunnya kelahiran anak yang tidak diinginkan,” Ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab Tuban tersebut.

Sementara itu H. Abidin Fikri, SH., MH. Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI menyampaikan apresiasi kepada segenap elemen masyarakat yang mewujudkan perilaku untuk meningkatkan kualitas kependudukan. “Peran keluarga sangat penting untuk menentukan peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia.
“Dimensi pembangunan keluarga yang mesti diingat yaitu, dimensi pembangunan kesehatan dan revolusi mental. Keluarga adalah pembentuk struktur penduduk, dan penduduk merupakan subjek dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” tegas Anggota Komisi 9 DPR RI tersebut.

Selain itu menurut Abidin, mari kita sikapi prinsip bahwa penduduk adalah subjek pembangunan dengan upaya pemberdayaan untuk meningkatkan kapasitas penduduk. Hal ini demi upaya pemanfaatan bonus demografi di waktu mendatang yang mengharuskan penduduk usia produktif agar memiliki dua kemampuan yaitu kompetensi tinggi dan karakter yang kuat.

“Revolusi mental berbasis keluarga dilakukan dengan memperkuat fungsi-fungsi keluarga yaitu, fungsi agama, pendidikan, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosial budaya, ekonomi serta lingkungan. Sehingga keluarga memiliki kualitas yang tinggi dan berkarakter,” tegasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh BKKBN Tuban, BKKBN Provinsi Jawa Timur Dra. Suhartuti. MM dan tokoh masyarakat, karang taruna serta pemuka agama di Kabupaten Tuban. Ratusan masyarakat tampak antusias menyimak rangkaian acara sosialisasi tersebut. Beliau menambahkan bahwa generasi muda harus terhindar dari 3 hal,pernikahan dini,  sex pranikah,  napza. (Ron) 

No More Posts Available.

No more pages to load.