Inilah Logo Resmi Hari Jadi Bojonegoro Ke 340

oleh -
oleh

suarabojonegoro.com –  Menjelang  peringatan  Hari  Jadi  Kabupaten Bojonegoro  tahun ini setelah beberapa  waktu lalu Jingle  resmi ” Bersatu Melangkah Maju”, kali ini giliran logo  HJB ke 340  yang diluncurkan. Peluncuran  logo  resmi ini dilakukan  oleh Asisten Pemkab  Bojonegoro,  Jumat  (11/8) sore pada acara  Dialog  Jumat di pendopo  Malwopati Kantor Pemkab Bojonegoro.

Kepala Bagian Humas dan Protokol  Pemkab  Bojonegoro, Heru  Sugiharto  menuturkan bahwa logo 340 peringatan Hari Jadi  Kabupaten  Bojonegoro  hasil karya  putra asli  Bojonegoro, ADITIO TANTRA DANANG WISNU WARDHANA yang alamat  di Jalan  Dr suharso  No 39 RT 7 RW 2 Kelurahan  Mojokampung  Bojonegoro. Menurut Kabag Humas  secara keseluruhan logo tersebut merupakan hasil interpretasi dari beberapa hal yang telah terjadi di Kabupaten Bojonegoro mulai dari aspek Geografis, Biologis serta Sosiologis masyaralat Bojonegoro. Secara besar pembagian beberapa aspek tersebut dapat dilihat secara jelas dari karateristik yang muncul dalam setiap angka-angka mulai dari angka 3, 4 dan 0 sendiri.

Lebih  lanjut  dibutuhkan filosofi  yang terkandung  dalam  logo  HJB  340 ini adalah dari segi Warna.

Dijelaskan Kabag Humas,  penggunaan warna dasar pada ketiga angka mengartikan bahwa setiap angka mempunyai arti dan makna tersendiri. Hal tersebut juga menggambarkan bahwa selama 340 tahun Kabupaten Bojonegoro telah hadir dan menjadi makna bagi masyarakat Bojonegoro sendiri.
Perbedaan warna dasar tersebut juga merupakan bahwa kondisi Kabupaten yang senantiasa dinamis.Penggunaan warna dominan biru pada huruf “3” mempunyai arti bahwa KabupatenBojonegoro senantiasa percaya diri untuk menatap masa depan serta senantiasa siap menghadapi tantangan-tanganan yang akan datang nantinya. Penggunaan warna dominan kuning pada angka “4” mempunyai arti bahwa Kabupaten Bojonegoro akan terus senantiasa berinovasi dan berkreasi demi kemajuan daerah serta masyarakat Bojonegoro. Penggunaan warna dominan merah pada angka “0” merupakan perwujudan bahwa masyarakat Bojonegoro merupakan masyarakat yang berani dalam bersikap dan bertindak.

Sedangkan secara posisi angka akan terlihat jelas bahwa susunan angka perlahan-lahan naik, hal tersebut mempunyai arti bahwa perkembangan Bojonegoro selama 340 tahun diharapkan akan terus meningkat setelah peringatan hari jadi tersebut. Susunan tersebut juga berarti bahwa apabila seluruh unsur di dalam Kabupaten Bojonegoro bersatu untuk melangkah maju maka Kabupaten Bojonegoro nantinya akan mencapai puncak kejayaan.

Angka 3 yang didominasi warna biru juga dengan ornamen aliran air yang berupa sungai merupakan gambaran bahwa Kabupaten Bojonegoro tidak lepas dari peran lingkungan dalam hal ini adalah sungai Bengawan Solo yang menjadi sumber air bagi sebagian masyarakat Kabupaten Bojonegoro. Penggambaran nyala api dalam angka “4” merupakan perwakilan dari salah satu obyek wisata yang terkenal di Kabupaten Bojonegoro yaitu Kayangan Api. Nyala api yang terdapat di Kayangan Api tidak pernah padam. Selain itu nyala api tersebut juga gambaran bahwa Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu lumbung energi sehingga perkembangan eksploitasi Sumber Daya Alam tersebut bisa membawa manfaat untuk hajat hidup Masyarakat Bojonegoro.

Terjadinya sambungan antara angka “4” dan “0” merupakan harapan agar nantinya Sumber Daya Alam yang berupa minyak dan gas dapat senantiasa bermanfaat bagi masyarakat Bojonegoro. Penggambaran angka “0” dengan terapat tanaman menggambarkan bahwa masyarakat Bojonegoro terus tumbuh dan berkembang kea rah yang lebih baik. Angka “0” ini menggamnbarkan karakteristik sosial masyarakat Bojonegoro yang senantiasa bersatu untuk melangkah maju.

Semangat untuk terus berjuang dan   tumbuh berkembang diwakili oleh tanaman yang dibawa dan terus tumbuh ke atas bahkan melewati batas angka yang telah ada. Sebuah kain batik khas Bojonegoro yang bermotif sapid an daun tembakau yang berada diantara angka “4” dan “0” merupakan gambaran bahwa Kabupaten Bojonegoro tidak akan pernah melupakan adat istiadat dan budaya yang telah ada di Kabupaten Bojonegoro sejak dulu.

Gambar tersebut juga menunjukkan bahwa Kabupaten Bojonegoro akan senantiasa bangga dan terus berinovasi dengan produk-produk lokal.Penggunaan huruf yang tegak dalam kata “ BOJONEGORO” menunjukkan bahwa Kabupaten Bojonegoro akan tetap tangguh, kuat dan tegas dalam menghadapi berbagai tantangan nantinya. Hal tersebut dipertegas dengan warna hitam dalam kata tersebut.

Warna hitam menunjukkan suatu tekad yang kokoh untuk terus melangkah maju.Tiga bulu anak panah warna biru sebelum tulisan “ BERSATU MELANGKAH MAJU” mengartikan bahwa Kabupaten Bojonegoro telah merupakan Kabupaten yang visioner sehingga senantiasa menatap masa depan dengan penuh harapan. Jumlah bulu anak panah yang lebih dari satu menandakan bahwa untuk membuat Kabupaten Bojonegoro maju tidak bisa hanya satu aspek saja sehingga diharapkan semua aspek akan bersatu untuk bersama-sama turut serta demi kemajuan Kabupaten Bojonegoro. Penggunaan warna biru dalam Tagline “ BERSATU MELANGKAH MAJU” menggambarkan bahwa untuk bersatu dan melangkah maju diperlukan rasa percaya diri sehingga apapun kesulitannya ketika dihadapi secara bersama-sama dan penuh percaya diri maka akan bisa membawa kea rah yang tepat. Menuju kearah Kabupaten Bojonegoro yang maju.Jarak antara tulisan “Bersatu” dalam tagline sengaja dibuat lebih rapat dimaksudkan bahwa segenap  unsur dan lapisan  di  Bojonegoro  harus saling bahu membahas dan bersatu.

Ditambahkan  oleh Pria yang  pernah  menjabat  Camat  Margomulyo  ini bahwa dengan launching  ini maka logo  ini resmi sebagai  logo  yang akan digunakan  di semua  kegiatan  yang  berkaitan  dengan peringatan  maupun kemeriahan  HJB Kabupaten Bojonegoro. Dan ini merupakan  hasil lomba desain  logo  yang di selenggarakan  oleh panitia HUT Kemerdekaan  Republik Indonesia  ke 72 Kabupaten  Bojonegoro. (Lis) 

No More Posts Available.

No more pages to load.