Kapolsek Kedungadem: Insan Pencak Silat Harus Bisa Menciptakan Kamtibmas Dimasyarakat

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Bertempat di tempat wisata Waduk Pedang, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, ratusan insan pesilat dari berbagai perguruan yang tergabung dalam Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) menggelar Halal Bihalal. Rabu (10/05/23).

Halal Bihalal, yang dihadiri oleh Forkopimcam, kecamatan Kedungadem, ini merupakan wujud persaudaraan antar perguruan pencak silat khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Kedungadem. Dalam sambutannya, Iptu, H. Soleh, selaku Kapolsek Kedungadem, menjelaskan jika di dalam peraturan Kapolri no 1 tahun 2021 tentang kepolisian masyarakat. Dalam peraturan Kapolri tersebut menjelaskan jika penerapan pemolisian masyarakat sangat penting dalam membangun dan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

“Intinya polisi itu bukan hanya polisi yang berbaju cokelat. Termasuk saudara-saudara mengamankan diri, mengamankan lingkungan, mengamankan masyarakat termasuk perpolisian, guna menjaga Kamtibmas Dimasyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan ini IPTU H. Soleh, menegaskan jika Polsek Kedungadem, siap melayani pengaduan 24 jam, dengan tujuan agar setiap kejadian dan permasalahan ditingkat desa dapat diselesaikan khususnya untuk permasalahan restorative justice yang dapat diselesaikan ditingkat desa, kecamatan.

“Namun ada yang tidak dapat diselesaikan dengan RJ yakni terkait narkoba, residivis, itu tidak bisa di restorative justice,” jelasnya.

IPTU H. Soleh, menuturkan jika dalam pembentukan BKP ini berawal dari Kapolres Wahyu Sribintoro, pasalnya, saat itu Bojonegoro, sering terjadi gesekan antar perguruan pencak silat. Hingga saat ini BKP sangat aktif dalam berperan menciptakan Kamtibmas hingga ke desa.

Sehingga dirinya berharap nanti dalam pelantikan BKP tingkat desa dapat dihadiri Kapolres langsung.

Dalam kesempatan yang sama Danramil 0813 Kedungadem, Kapten Infanteri Ilyas Rosidi, berharap kegiatan halal bihalal BKP ini dapat membawa nilai positif, manfaat bagi masyarakat Kedungadem. Menurutnya, Kecamatan Kedungadem, ini merupakan satu-satunya BKP yang telah dibentuk hingga ditingkat ranting.

“Ini menjadi apresiasi buat kita semuanya,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan terbentuknya BKP ditingkat desa ini dapat mempererat tali silaturahmi. Dengan eratnya tali silaturahmi tersebut diharapkan Kedungadem semakin aman, tertib dan bahagia.

“Dengan dukungan BKP, insyaallah Kedungadem semakin aman, tertib,” pungkasnya. (Bim/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.