Membludaknya Pernikahan di Malam Sembilan Ramadhan, Akan Membuat Penghulu Kuwalahan

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Sebanyak 523 pasangan pengantin yang tersebar di 27 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro akan melangsungkan pernikahan pada malam sembilan atau malam songo ini, Rabu (19/04/2023).

Nikah malam 9 sendiri sudah menjadi tradisi tahunan di Bojonegoro khususnya daerah matraman Jawa Timur bagian barat. Nikah pada malam 9 yang akan berlangsung pada rabu malam ini menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan. Pasalnya nikah ada malam 9 oleh sebagian masyarakat dianggap sebagai malam yang baik.

Di Kabupaten Bojonegoro sendiri dari data di Kementerian Agama Bojonegoro ada sebanyak 523 pasangan pengantin yang akan menikah tersebar di 27 Kecamatan, sementara  Kecamatan Sekar tidak ada pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, sedangkan Kecamatan paling banyak warganya yang akan melangsungkan nikah di malam 9 adalah Kecamatan Kedungadem  sebanyak 46 pasangan, Kecamatan Sumberrejo 45 pasangan, Kecamatan Kano 44 pasangan nikah

Tentu banyaknya pernikahan dimalam Sembilan atau malam songo ini akan membuat penghulu di setiap kecamatan Kuwalahan. Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Bojonegoro Zaenal Arifin mengatakan bahwa untuk tahun 2023 atau Tahun 1444 Hijriah ini ada terjadi peningkatan terkait dengan pernikahan yang dilaksanakan di malam 9.

“Membludaknya pasangan yang akan melangsungkan pernikahan tentunya membuat penghulu di beberapa KUA Kecamatan tentunya yang terdapat pasangan nikah lebih dari 15 pasangan akan bekerja ekstra, dan bisa jadi akan berlangsung sampai jam  malam, tergantung situasi”, ujarnya.

“Meskipun malam 9 ini berlangsung bertepatan dengan Gerhana Matahari namun tidak mempengaruhi para pasangan, dan jumlah pasangan yang akan melangsungkan pernikahan jumlahnya hampir sama denga tahun kemarin”, pungkasnya. (Red/Put)

No More Posts Available.

No more pages to load.