Pencegahan Stunting Sejak Dini Melalui Nakes Desa Sumberrejo

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Sebagaimana program Pemerintah pusat guna pengentasan angka stunting di Indonesia, Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberrejo melalui Tenaga Kesehatan (Nakes) Desa Sumberrejo aktif lakukan pencegahan stunting dari dini seperti yang saat ini dilakukan di ruangan kelas ibu Hamil dilaksanakan penyuluhan serta olah raga ibu hamil pada hari Jum’at (17/03/2023) pagi tadi sekira pukul 09.00 WIB.

Kepada media ini, Nakes Desa Sulastri mengatakan bahwa pencegahan angka stunting dilaksanakan dimulai dari awal kehamilan dengan memberikan asupan bergizi tinggi protein kepada janin melalui makanan – makanan yang dikomsumsi ibu hamil seperti daging, ikan, buah – buahan, sayur – sayuran serta susu khusus ibu hamil. Selain itu juga , pencegahan juga bisa dilakukan dengan pola hidup sehat seperti melakukan aktifitas olah raga ringan saat usia kehamilan sudah menginjak usia tua.

“Sebaiknya saat kehamilan hindari memakan makanan atau minuman rendah gizi dan yang mengandung kafein”, terang Sulastri.

Selain pencegahan saat kehamilan, pencegahan bisa dilakukan saat masa pertumbuhan anak dengan memberikan makanan dan minuman yang tinggi gizi serta tinggi protein. Selain itu, juga pemeriksaan balita secara rutin pertumbuhannya dengan mengikuti kegiatan posyandu yang diadakan secara rutin setiap bulannya agar mengetaui pertumbuhan dan perkembangannya.

Jika ada kasus stunting, bisa cepat diketahui dan dicegah sejak awal melalui posyandu dan memberikan edukasi kepada keluarga serta memberikan bingkisan makanan tambahan kepada balita tersebut.

“1000 hari kehidupan pertama mulai dari kehamilan sampai anak usia 2 tahun sangat penting, untuk itu asupan mempengaruhi perkembangan anak”, imbuh Sulastri. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.