Bawaslu Bojonegoro Lakukan Penelusuran Terkait Surat Dukungan Pejabat ASN Terhadap Salah Satu Parpol

oleh -
oleh

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Dengan mencuatnya Surat Pernyataan dukungan terhadap Salah Satu Parpol dengan target jumlah suara, oleh Salah satu Oknum Pejabat ASN di lingkungan Pemkab Bojonegoro, membuat Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Bojonegoro mengambil langkah melakukan penelusuran terhadap beredarnya surat tersebut.

Disampaikan oleh Dian Widodo, selaku divisi penanganan pelanggaran pemilu, Bawaslu Bojonegoro menyatakan bahwa untuk menentukan terkait beredarnya surat dukungan yang terdapat tanda tangan salah satu pejabat ASN Pemkab Bojonegoro adalah sebuah dukungan terhadap pemilu atau tidak dan ada pelanggarannya atau tidak, maka butuh proses panjang untuk melakukan pembuktiannya.

“Kemarin kita sudah rapatkan bahwa terhadap surat yang beredar itu kita jadikan sebagai informasi awal, karena proses penanganan pelanggaran misalkan ada sebuah pelanggaran itu bisa masuk dari dua pintu, yaitu pelaporan dan temuan,” Ujar Dian Widodo saat dihubungi melalui akun Wathsappnya, Senin (6/3/2023).

Dijelaskan juga untuk menjadi sebuah temuan, harus ada kejadian tersebut harus sudah memenuhi unsur, yaitu unsur formil maupun materiil, dan ketika sudah memenuhi unsur dan persyaratan maka dijadikan temuan, akan tetapi sampai saat ini pihak Bawaslu Bojonegoro masih melakukan proses penelusuran untuk mengaitkan beredarnya surat dukungan tersebut dengan pemilu.

BERITA TERKAIT: Bawaslu dan APH Harus Usut Terkait Dugaan Pelanggaran dan Tindak Pidananya Soal Surat Dukungan Pejabat ASN Ke Parpol

“Kami sudah dalam proses penelusuran untuk mengetahui bahwa itu pelanggaran atau tidak,” Katanya.

Sampai saat ini Bawaslu juga belum melakukan permintaan keterangan terhadap temuan surat pernyataan dukungan terhadap parpol dengan jumlah target suara tersebut. Begitu juga belum ada pelapor terkait surat dukungan dari oknum ASN terhadap parpol tersebut.

“Namun kami sudah siap dan sudah berkomunikasi dengan Gakumdu jika sewaktu waktu ada pelaporan soal tersebut,” Pungkasnya.

Sebelumnya beredar Surat Dukungan yang ditanda tangani oleh salah satu oknum pejabat ASN di lingkungan Pemkab Bojonegoro dan menjadi polemik serta sikap dari beberapa masyarakat dan pejabat Parpol di Kabupaten Bojonegoro. (SAS/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.