Guru dan Siswa SMA Negeri 4 Bojonegoro Praktekkan Pembelajaran STEM

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Sejumlah siswa tingkat menengah atas di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengikuti pembelajaran di luar kelas (outdoor study) STEM tentang materi fungsi kuadrat dengan penerapan peluncuruan Roket.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Alun-alun Bojonegoro Kota, diikuti seluruh siswa siswi kelas X IPA, SMA Negeri 4. Dipandu secara langsung guru pembimbing Darum Budiarto, Selasa (28/2/2023).

Kepada media ini, Darum Budiarto sekaligus guru di SMA Negeri 4 Bojonegoro ini mengatakan, bahwa kegiatan pembelajaran STEM dilakukan bersama siswa siswi kelas X IPA, khususnya terkait dengan peluncuran roket.

“Kegiatan di luar kelas ini untuk mempraktekan pembelajaran STEM tentang peluncuran roket air,” katanya.

Pembelajaran STEM ini berhubungan dengan beberapa materi. Seperti diketahui pada bidang fisika di mana terdapat tekanan, gaya dorong, gravitasi bumi, dan selanjutnya di bidang matematika ada fungsi kuadrat.

“Semua ini merupakan inovasi yang daya peroleh saat mengikuti pelatihan di Nasa Amerika Serikat, kemudian kita terapkan dan lakukan pembelajaran kepada siswa siswi SMA Negeri 4 Bojonegoro,” ungkapnya.

“Dengan segala keterbatasan material atau bahan yang ada di sini, saat ini kita praktekan secara bersama-sama. Dan hasilnya juga bagus sangat memuaskan,” terang Darum Budiarto.

Dirinya berharap, ke depan semoga dapat menjadi inspirasi yang lebih baik bagi siswa siswi SMA Negeri 4 Bojonegoro. “Mungkin kalau nanti sudah ada anggaran, kita juga bisa mempersiapkan material/bahan roket yang lebih bagus lagi’.

Diketahui, Darum Budiarto merupakan salah satu guru tingkat SMA yang terpilih bersama 10 orang guru lainnya, mewakili pelatihan di perusahaan NASA Amerika Serikat. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.