Khayangan Api Bojonegoro, Masih Menyimpan Rasa Penasaran Warga Luar Daerah

oleh -
oleh

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Khayangan Api, Merupakan sebutan api yang menyala dan keluar dari dalam tanah melalui celah tumpukan batu, yang berada di Desa Sendangharjo, Kecatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, masih menyimpan rasa penasaran masyarakat luas, baik dari warga Bojonegoro maupun luar Bojonegoro.

Tak jarang pengunjung yang datang pada hari hari yang kebetulan tidak bersamaan dengan hari libur atau hari besar, khayangan api ini didatangi warga yang sengaja untuk melihat keindahan api yang keluar dari dalam tanah, maupun soal misteri dan suasana yang dianggap mistiknya.

Seperti Rudi, warga dari Ponorogo ini sengaja datang bersama temannya untuk menyaksikan langsung api abadi yang sering digunakan kegiatan pengambilan api saat event olahraga ini maupun event hari jadi Bojonegoro.

“Saya sudah banyak mendengar cerita tentang Khayangan Api ini, sehingga saya datang langsung ke sini untuk menyaksikan bersama teman teman, dan ingin tahu kejelasan sumber api dan cerita yang ada tentang Khayangan Api, dan Ki Kriyo Kusumo seorang empu pembuat keris,” Ujar Rudi, Minggu (5/2/2023).

Rudi pun menelusuri apa yang ada disekitar Khayangan Api ini mulai dari air Bekhutuk, yaitu air yang mendidih akan tetapi tidak panas, dan konon menjadi pendingin dari keris yang di buat oleh empu Kriyo Kusumo.

Selain Rudi, Muhanto, pria yang datang dari Kabupaten Tuban ini juga datang namun tujuannya bukan untuk berwisata, namun lebih ke hal hal yang berhubungan dengan alam dan juga sejarah Khayangan Api ini.

“Ada getar yang menuntun saya kesini, dan memang api ini merupakan kekuasaan tuhan, namun tidak mungkin bergerak dan hidup begitu saja tanpa kehendak tuhan, dan dari sisi lain, ada nuansa ghaib yang menuntun saya ke sini,” Katanya.

Pria yang datang dengan anak istrinya ini sengaja sering datang ke lokasi Khayangan Api ini, untuk membentuk jiwa yang pasrah dan bersyukur atas kekuasaan Tuhan.

“Karena hidup dan apa yang terjadi di alam ini pasti bukan sebuah kebetulan,” Terangnya.

Muhanto mengaku sering datang ke lokasi Khayangan Api untuk bermeditasi sejenak dan menelusuri hal ghaib yang menurutnya ada di sekitaran Khayangan Api, dan menurutnya ada rasa damai didalam jiwanya saat berada dilokasi ini.

Selain kedua orang tersebut, datang juga beberapa orang dari Kabupaten Madiun, yang mengaku penasaran dengan api yang tidak pernah padam meskipun hujan deras mengguyur. (SAS*)

No More Posts Available.

No more pages to load.