Tantangan dan Peluang Komunikasi Di Era Digital, Orasi Ilmiah Eri Cahyadi di Wisuda ke-XXVI Stikosa AWS

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, ST, MT. memberikan orasi ilmiah di acara Wisuda Sarjana S1 ke-XXVI Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa AWS). Acara tersebut digelar di convention hall Dyandra Surabaya, Sabtu (26/11/2022).

Di hadapan senat akademik Stikosa AWS, para tamu undangan dan para wisudawan, Walikota Eri Cahyadi memaparkan, komunikasi di era digital merupakan tantangan dan peluang.
Dahulu komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat berlangsung satu arah. Di mana pemerintah menyampaikan informasi tanpa membuka pintu bagi masyarakat untuk berpendapat. Berbeda dengan kondisi saat ini di mana komunikasi bersifat imbal balik.

Tantangannya, kata Eri Cahyadi, pemerintah harus bisa fleksibel, luwes, dan meninggalkan gaya komunikasi yang kaku.

Tantangan selanjutnya, pemerintah harus menerima opini dari berbagai elemen masyarakat, sebagai bahan evaluasi dari kebijakan yang dibuat pemerintah.

Tantangan lainnya, “Pemerintah harus memosisikan diri sejajar dengan masyarakat, tidak lagi merasa ‘di atas’, “ tuturnya.

Di sisi lain, ada peluangnya makin banyak cara pemerintah berkomunikasi dengan warga. Misalnya layanan publik bisa lebih diberikan lewat pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

“Di Surabaya, sinergi untuk berkolaborasi dengan multistakeholder, salah satunya adalah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi. Hal itu memungkinkan pemerintah mendapat banyak insight dan kerjasama,” jelas walikota.

“Akademisi bisa ikut memberikan gagasan dan kontribusi kepada pemerintah. Nantinya digunakan untuk menyusun program demi kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sejalan dengan paparan Wali Kota terkait trend dunia kerja di era digital, tema yang diusung dalam pelaksanaan Wisuda ini adalah “Innovation in Digital Communication : Contemporary Trends anda Strategies for New Age Media Professional“.

Stikosa-AWS sebagai kampus media yang banyak menghasilkan sarjana profesional media, harus mengikuti tren perkembangan kebutuhan tenaga kerja di era komunikasi digital yang sangat dinamis.

Selain menghadirkan walikota Surabaya, Wisuda Sarjana Stikosa-AWS juga menghadirkan Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Dirmanto, SH, S.I.K. Seusai memberikan orasi ilmiah, langsung ditindaklanjuti dengan dengan penandatanganan MoU antara Stikosa AWS MM. dengan bidang Humas Polda Jatim.

Seremoni wisuda sarjana tersebut berlangsung secara luring, setelah dua periode sebelumnya dilaksanakan secara daring.

Di 2022 ini, Stikosa-AWS telah mengukuhkan sarjana baru Ilmu Komunikasi, bergelar S.Ikom, sebanyak 91 orang, terdiri dari peminatan Jurnalistik, Broadcasting dan Public Relations. (Lis/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.