Ratusan Rumah Di Kedungsumber – Temayang Terancam Longsor

oleh -
oleh

Reporter: Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Longsor tebing setinggi 15 meter di dusun Tretes, Desa Kedungsumber, Kabupaten Bojonegoro mengancam 156 rumah warga yang hanya berjarak sekitar 150 meter dari tebing sungai yang longsor tersebut. Sabtu (26/11/2022).

Longsor terjadi mulai kemarin hingga hari ini, tanah terus mengalami pergeseran dari atas kebawah dan menuju sungai, hal ini sangat menjadi kekhawatiran warga setempat karena jika longsor secara terus menerus akan dapat menutup aliran sungai dan juga bisa menyebabkan banjir akibat luapan sungai kali Pacal.

Beberapa warga sempat panik ketika melihat tebing yang longsor tersebut, karena ada dua kemungkinan yang menjadi dampak yaitu longsor terus meluas dan juga tanah longsor bisa menutup aliran air sungai.

Kades Kedungsumber, Itu. Kardi saat dikonfirmasi SuaraBojonegoro.com membenarkan adanya longsor tebing yang terjadi di Desanya. Warga sempat cemas dengan adanya longsor tersebut, ” Namun Kecemasan itu kemarin karena kondisi tanah dapat menutup sungai,” kata Kades.

Kades gedung sumber juga menyampaikan bahwa sebelumnya pihaknya juga berharap kepada pemerintah untuk mendapatkan perhatian karena tanah yang rawan longsor tersebut berada di wilayah hutan dan kerap sekali terjadi apabila pasca luapan air sungai kalipacal

Kami berharap segera ada tindakan bantuan dari pemerintah untuk mengatasi longsor tersebut agar tidak meluas dan juga agar tanah longsor juga tidak menutup aliran air sungai yang dapat menyebabkan banjir dan bisa meluap ke pemukiman warga ketika banjir

Saat ini dirinya juga menghimbau kepada warga agar berhati-hati dan juga memberikan segala bentuk informasi ketika terjadi longsor kembali, dan dimungkinkan pada sore hari ini longsor dari tebing tersebut berhenti karena hujannya berhenti, “namun ketika ada hujan kembali dikhawatirkan bisa longsor kembali karena longsor tersebut sangat mungkin terjadi saat hujan,” pungkas Kardi. (SAS*)

No More Posts Available.

No more pages to load.