Wasapada! Gagal Bayar Pekerjaan Proyek APBD Bojonegoro Tahun 2022

oleh -
oleh

Reporter: Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Menjelang Akhir tahun 2022, rawan sekali dengan adanya gagal bayar akibat tak selesainya pekerjaan proyek yang bersumber dari dana APBD Pemkab Bojonegoro tahun 2022, Pasalnya juga serapan anggaran di semua OPD Pemkab Bojonegoro rata rata baru 50 persen.

Disampaikan oleh anggota Badan anggaran (BANGGAR) DPRD Kabupaten Bojonegoro Ahmad Supriyanto, bahwa menjelang Akhir Tahun, rekanan atau kontraktor yang mengerjakan proyek dari Dana APBD Kabupaten Bojonegoro harus mempertimbangkan waktu dan bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

“Hal itu harus dilakukan agar tidak terjadi gagal bayar di akhir tahun, mengingat per hari ini serapan anggaran di semua OPD rata rata baru 50 persen,” Ujar Ahmad Supriyanto, Senin (21/11/2022).

Pria yang juga sekretaris komisi C DPRD Bojonegoro ini juga menyebutkan bahwa dari data serapan anggaran yang baru 50 persen ini berarti menurut Ahmad Supriyanto banyak pekerjaan fisik yang belum selesai. Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya gagal bayar, OPD harus benar benar juga ikut memantau para rekanan.

“OPD jangan hanya menunggu tapi selalu melakukan pengecekkan dan juga mendorong agar pekerjaa. Yang dilakukan bisa selesai tepat waktu,” Jelas pria yang akrab disapa mas Pri ini.

Dia juga menjelaskan bahwa Hasil serapan anggaran di ketahui saat rapat Banggar dan TAPD pada tanggal 16 Nopember 2022 saat pembahasan RAPBD 2023. Maka pihaknya benar benar meminta OPD dan juga rekanan saling bersinergi untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sehingga tidak mengalami gagal bayar.

“Pasti akan merugi jika mengalami gagal bayar, maka harus benar benar diperhatikan pekerjaan tersebut, agar selesai sesuai waktu yang telah ditentukan,” Tambahnya.

Sementara itu, salah satu Kepala OPD Pemkab Bojonegoro yaitu Kepala Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang dijabat Retno Wulandari menyampaikan sudah ada Penyerapan anggaran dan aturannya sehingga semua bisa menentukan dan menyelesaikan tepat waktu.

“Sudah ada mekanisme atau tahapan tahapan yang harus kami lalui. Semoga di akhir tahun sesuai dengan yang kami targetkan,” Pungkasnya. (SAS/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.