Bersama INSPEKTRA DAN IDFoS, EMCL Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Pipa Minyak Blok Cepu

oleh -

SuaraBojonegoro.com – Pada bulan November 2022 ,Operator Lapangan minyak Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited ( EMCL ) menggelar Sosialisasi Keamanan dan Keselamatan pipa minyak Blok Cepu. Acara yang difasilitasi oleh INSPEKTRA dan IDFoS Indonesia  tersebut dilakasanakan 2 Kali di tempat yang berbeda, yang pertama bertempat di Ruang Co creating Gedung Pemkab Bojonegoro lantai 2 pada hari Senin tanggal 07 November 2022, dan yang kedua dilaksanakan di Ruang pertemuan Perhutani Bojonegoro pada hari Kamis tanggal 10 November 2022.

Sosialisasi Level SKPD

Pada acara tanggal 7 November 2022 EMCL memfokuskan Sosialisasi pada Stake Holder dari Unsur SKPD yang berpotensi mempunyai kegiatan yang bersinggungan dengan Jalur Pipa, seperti Bappeda yang merupakan Leadhing Sektor pembangunan di Bojonegoro, Dinas PU PSDA, Dinas PU Cipta Karya, Dinas PU Bina Marga, DPMPD, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.
Acara yang melibatkan Pam Obvit, Land tim EMCL, dan juga perwakilan dari SKK Migas tersebut, diawali dengan sambutan dari Sahid selaku perwakilan dari Bappeda.

Sahid dalam sambutannya menekankan pentingnya komunikasi aktif dari seluruh stake holder, agar dapat meminimalisir hal –hal yang dapat membahayakan pipa minyak Blok Cepu, Sahid juga mengapresiasi Dinas PU PSDA yang sudah melakukan Praktek Baik, dengan berkomunikasi Aktiv dengan EMCL saat ada Kegiatanya yang bersinggungan dengan Jalur Pipa minyak Blok Cepu.

Arsyad, perwakilan dari SKK Migas, senada dengan Sahid,  juga meyampaikan pentingnya Komitmen bersama Multipihak untuk menjaga Keamanan dan keselamatan Pipa Minyak Blok cepu.

“Keamanan dan keselamatan adalah tanggung jawab berbagai pihak yang terlibat, sehingga dengan sosialisasi ini diharapkan agar tidak ada dampak yang kurang baik nantinya,” Ujar Arsyad.

Sekilas Blok Cepu, yang disampaikan Oleh Beta Wicaksana selaku Public Government affair  ExxonMobil Cepu Limited, kemudian Penyampaian Pedoman Keamanan dan Keselamatan di Jalur Pipa yang disampaiakan secara bergantian  oleh , Slamet Riyadi selaku PIC  Program ROW, kemudian  dari Perwakilan  Pam Obvit, disusul kemudian dari  perwakilan Security.

Setelah penyampaian Materi, acara dilanjutkan dengan Tanya Jawab, pada kesempatan tersebut, masing –masing Perwakilan dari SKPD yang Hadir menyampaikan beberapa pertanyaan dan juga Rencana Kegiatan mereka, yang berpotensi Besar Bersinggungan dengan Jalur Pipa Blok cepu, seperti yang disampaikan oleh Dinas PU PSDA yang menginoformasikan Bahwa pada Tahun 2023 -2024 ada program Pemerintah Pusat yang kemungkinan besar bersinggungan dengan Jalur Pipa , yaitu Pembangunan Bendungan Gerak  Karang Nongko  yang nantinya akan melintasi Kecamatan Purwosari, Gayam, Ngasem dan Kalitidu.

Selesai diskusi dan Tanya Jawab acara pun dilanjutkan dengan Pemberian  Apresiasi dari EMCL kepada Perwakilan Dinas PU PSDA yang sudah melaksanakan Praktek Baik dalam menjaga keamanan dan Keselamatan jalur Pipa, disusul kemudian penandatangan Komitmen bersama menjaga keamanan dan keselamatan pipa minya Blok cepu  oleh semua undangan yang hadir.

Setelah penandatangan Komitmen bersama, acarapun di akhiri dengan Kunjungan seluruh peserta ke Jalur Pipa minyak Blok Cepu KP 25 di Desa Ngampel Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, untuk melihat secara Langsung Praktek Baik yang sudaah dilakukan oleh dinas PU PSDA.

Sosialisasi Level Perusahaan Umum

Berbeda dengan Sosialisasi yang pertama, pada acara yang kedua EMCL Lebih memfokuskan Sosialisasi pada Perusahaan Umum yang berpotensi mempunyai Kegiatan yang bersinggungan dengan Jalur pipa , seperti Perhutani, PDAM , PLN, PT Telkom, selain 4 perusahaan tersebut ada juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro, serta Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan , acara di awali dengan mengheningkan Cipta, dan Perhutani selaku Tuan Rumah memberikan Sambutan Pembuka, disusul kemudian dari EMCL, dan dilanjutkan dengan penyampaian Materi dan diskusi.

Sebagaimana acara yang pertama, Pada acara yang kedua ini juga ada Apresiasi dari EMCL kepada Stake Holder , atas Praktek baik yang sudah dilakukan, pada kesempatan ini Apresiasi tersebut diberikan kepada Perhutani KPH Bojonegoro, yang sudah melakukan praktek baik dengan berkomunikasi dan berkonsultasi kepada EMCL , saat perhutani melakukan aktifitas yang bersinggungan dengan jalur Pipa, yaitu pada saat melintaskan kendaraan Berat di atas 500 Kg di STA 07 +200 di Desa wadang Kecamatan Ngasem untuk pengangkutan hasil Hutan.

Selanjutnya dalam acara tersebut semua peserta juga menandatangani Komitmen bersama Keamanan dan keselamatan pipa minyak Blok Cepu, dan kemudian Peserta bersama-sama melakukan Kunjunan lapangan ke STA 07+200 , untuk melihat Praktek Baik yang sudah dilakukan Perhutani. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.