Proyek BKKD Bayemgede Diduga Abaikan KIP

oleh -
oleh

Reporter: Putut Sugiharto

SuaraBojonegoro.com – Pemerintah mengelola uang rakyat yang didapat dari pajak dengan menyalurkan kembali kepada rakyat melalui beberapa program diantaranya program pembangunan baik infrastruktur jalan, bangunan gedung, atau pembangunan fisik yang lain, salah satu program pemerintah khususnya pemerintah kabupaten Bojonegoro yang saat sedang gencar di lakukan adalah program BKKD (Bantuan Keuangan Khusus Desa).

Namun patut disayangkan dan dipertanyakan mengingat pelaksanaan proyek BKKD tersebut, diindikasi  seringkali mengabaikan amanat undang- undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP).

Seperti yang terjadi pada pekerjaan pengaspalan jalan tahap ke 2 program BKKD Desa Bayemgede Kecamatan Kepohbaru ini.

Salah seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya sewaktu di wawancara awak media Rabu, 05/05/2022 terkait ini pekerjaan, siapa pelaksana nya dan sumber dana nya dari mana menyampaikan bahwa dirinya hanya bekerja dan tidak mengetahui soal papan informasi. “Tidak tahu, kami hanya di minta kerja sama pak wo, beliau yang pegang atau tanggung jawab kerjaan ini,” Tutur pekerja tanpa mau menyebut siapa nama pak wo yang di maksud.

Terkait kondisi jalan yang sudah rusak, dia juga menyebutkan ada beberapa titik jalan yang sudah pecah, “Disana juga ada pak pekerjaan ke arah jalan besar dekat kuburan banyak yang pecah pecah dan retak, tetapi saat ini sudah di tambali dengan aspal, imbuhnya.

Sesuai dengan temuan awak media di lokasi yang di sebut tadi memang itu adalah pekerjaan BKKD yang tahap 1, memang sesuai dengan informasi tadi banyak yang sudah retak retak dan pecah pecah.

Untuk pekerjaan BKKD yang sedang di laksanakan ini terkesan mengabaikan KIP karena memang tidak tertera papan informasi pembangunan.

Sementara Kepala Desa Bayemgede Musni juga sangat tertutup, ketika di wawancara awak media melalui sambungan WhatsApp selalu menjawab pertanyaan awak media seadanya, bahkan ketika ditanya rekanan pekerjaan pun  tidak dijawab. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.