Melihat MI Mambaul Ulum Landean Menuju Madrasah Mandiri Berprestasi

oleh -

SuaraBojonegoro.com – MI Mambaul Ulum Dusun Landean Desa Klotok Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban mencoba untuk bangkit setelah virus corona melanda. Proses pembelajaran yang sempat terkendala dan harus dilakukan secara daring menjadikan semangat belajar dan kreatifitas peserta didik menurun. Hal ini karena guru tidak bisa mendampingi proses belajar mereka secara langsung. Sehingga saat ini tantangan madrasah adalah meningkatkan kembali semangat belajar dan kreatifitas peserta didik baik bidang akademik maupun non akademik. Kepala madrasah beserta guru harus mampu merancang program pembelajaran yang bisa membuat peserta didik kembali semangat.

Saat ditemui awak media di sela-sela mengisi kegiatan ekstrakurikuler Tartil dan Qiroah, Ibu Rufi’at, S.Pd.I.,M.A selaku Kepala MI Mambaul Ulum Landean Plumpang memberikan keterangan, bahwa pihak madrasah berkolaborasi dengan orang tua dan komite madrasah serta seluruh warga madrasah. untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik  pasca pandemi yang mengalami penurunan semangat. Selain itu kegiatan-kegiatan pendukung seperti pembiasaan dan ekstrakurikuler hendaknya juga ditingkatkan supaya peserta didik termotivasi kembali untuk belajar di madrasah.

Di MI Mambaul Ulum  Landean Plumpang  ini juga telah menerapkan program kegiatan pembiasaan dalam rangka pembentukan karakter diantaranya melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin untuk memupuk rasa patriotisme dan kedisiplinan, membaca Al Qur’an juz 30 setiap hari Selasa, senam pagi setiap Rabu sebelum mulai pembelajaran, hafalan Asmaul Husna setiap hari Jum’at, Pembacaan Istighosah bersama warga madrasah setiap hari Jum’at Kliwon, Pembacaan Yasin dan tahlil serta doa-doa setiap hari Kamis.

Kemudian ekstrakurikulernya adalah Komputer dan BTQ  dan Qiroah pada hari Rabu, Komputer hari Kamis, Pramuka setiap Jum’at setelah jam pembelajaran. Kami  yakin dengan apa yang kita lakukan ini dapat  menjadi budaya positif yang akan meningkatkan  semangat belajar di madrasah kami.
Dengan kerjasama yang baik antara pihak madrasah dengan wali murid yang terjalin ini ternyata membuahkan hasil yang menggembirakan. Meskipun terletak di Desa Pertengahan bentangan sawah, tetapi MI Mambaul Ulum Landean juga mampu meraih prestasi sebagai juara 1 lomba MTQ tingkat Kecamatan Plumpang pada bulan Desember  2021 atas nama Mochamad Faiq Rasya Athaya putra Bapak Didik dan juara 2 Lomba  MTQ di HUT SMPN 3 Plumpang  pada pada tahun 2022 tingkat kecamatan Plumpang atas nama Dewi Mamluk Diyah putri dari Bapak Nailil Basyar . Hal ini tentu menjadi motivasi tersendiri bagi lembaga kami. Wali murid lebih bersemangat dalam mendukung program-program madrasah.

“Harapan saya semoga dengan kerjasama dan kekompakan bapak/ibu guru, komite, paguyuban serta walimurid ini akan selalu terjalin dalam rangka mengantarkan peserta didik lebih sukses  ke depannya. Karena tanpa kerjasama yang pro aktif dari semua pihak maka mustahil kita bisa meraih apa yang menjadi tujuan kita bersama”. Tambah ibu  Rufi’at,S.Pd.I., M.A yang pernah menjadi peraih juara pertama lomba Kepala MI berprestasi Tingkat Kankemenag Tuban pada Tahun 2019 di akhir keterangan (Sew/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.