Ada Gapura Menarik Dengan Tema Kearifan Lokal dan Champ Merah Putih Di Sabtu Minggunya

oleh -
oleh

Reporter: Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Menjelang Peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77 ini berbagai hiasan ditampilan disetiap lingkungan dan juga gapura gapura masuk wilayah atau lingkungan warga di Kabupaten Bojonegoro.

Salah satunya di Gang Baeno, Desa Campurrejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro, para warga dilingkungan tersebut menghias gapura masuk pemukiman sedemikan rupa dengan mengunakan tema Kearifan Lokal.

Dari pantauan awak media ini tampak, gapuran dengan bentuk Gunungan yang menggambarkan makna kehidupan manusia. Semakin tinggi ilmu dan semakin tua usia, manusia harus semakin mengkerucut atau biasa disebut dalam istilah Jawa golong gilig.

“Tema ini sengaja diusung oleh warga guna sebagai bentuk saling merasa bahwa manusia memiliki  manunggaling Jiwa, Rasa, Cipta, Karsa, dan Karya dalam kehidupan kita sehingga semakin dekat dengan Sang Pencipta,” Papar warga setempat bernama Dilli Tri Wibowo. Selasa (9/8/2022).

Selain itu, tampak pula hiasan yang di buat dari kerajinan bambu yaitu tampah, pincuk dan nampan dengan untuk angka 45.

Dilli juga menyebutkan, bahwa Gapura ini dikerjakan dengan gotong royong oleh warga lingkungan sekitar secara bersama sama dan juga biaya swadaya dari masyarakat.

Disampaikan pula, bahwa setiap Sabtu dan minggu di gang baeno ini dilaksanakan Champ merah putih, hal ini dilakukan untuk mengembalikan semangat gotong royong, cinta NKRI dan wawasan kebangsaan, “Antusias masyarakat sini sangat luar biasa, setelah 2 tahun tanpa kegiatan apa apa, dan untuk HUT RI 2022 kali masyarakat banyak menggelar kegiatan tujuh belasan,” Papar Dili.

Sebelumnya lokasi ini merupakan lokasi kumuh karena ada bak sampah permanen, oleh warga dan anak anak kemudian dibongkar dan dijadikan kawasan yang lebih sehat serta menarik bagi warga guna menciptakan kenyamanan. (Rum/SAS)

No More Posts Available.

No more pages to load.