Relawan KDS Sehati Peduli Terus Lakukan Penekanan Sebaran HIV Aids

oleh -

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Upaya Relawan KDS (Kelompok Dukungan Sebaya) Sehati Peduli Bojonegoro yang terhadap para pengidap HIV Aids terus dijalankan hingga detik ini guna mengupayakan penekanan terhadap berkembangnya pengidap HIV Aids di Bojonegoro, mereka melakukan kegiatan dan langkah kongkrit seperti pendataan, pendampingan, penjangkauan dan pendekatan serta edukasi.

Disampaikan oleh Ian, selaku ketua KDS Sehati Peduli Bojonegoro bahwa para relawan ini setiap hari tidak pernah berhenti untuk melakukan kegiatan sosial terkait penekanan sebaran HIV Aids khususnya di Bojonegoro.

Dengan pendataan, menurut Ian kemudian tim relawan KDS Sehati peduli bisa mengetahui siapa siapa saja yang pasien terjangkit virus HIV Aids ini, dan kemudian mereka melakukan pendampingan serta edukasi kepada pasien tersebut.

“Setiap hari kami dari tim relawan tidak henti melakukan upaya pencegahan sebaran virus HIV Aids diberbagai wilayah di Bojonegoro sesuai data yang kami dapatkan melalui lembaga layanan kesehatan, dan kami melakukan komunikasi dan juga edukasi terhadap mereka,” Ujar Ian, Kamis (8/8/2022).

Ian juga menjelaskan bahwa keprihatinan jumlah pasien pengidap HIV Aids di Bojonegoro sangat tinggi, sehingga dengan edukasi yang diberikan dapat juga untuk memberikan motivasi agar pencegahan bisa dilakukan oleh pengidap, dan juga dalam setiap kegiatannya agar tidak melakukan hal hal yang dapat menularkan virus HIV Aids Ini.

“Kita juga menyampaikan ke masyarakat agar tidak menjauhi pasien HIV Aids, akan tetapi masyarakat bisa membantu memberikan motivasi dan semangat serta edukasi bagaimana si pengidap ini tetap semangat untuk sehat guna melakukan aktivitas dan memulai hidup yang lebih baik,” Tambah Ian.

Disebutkan pula bahwa HIV bukan akhir dari segalanya, akan tetapi bisa memulai hidup yang lebih baik, dan tentunya butuh dukungan dari semua pihak terutama masyarakat dan lingkungan, terutama keluarga dampingan.

Dengan upaya yang dilakukan Relawan KDS Sehati Peduli ini akan mampu memberikan warna bagi si Pengidap HIV agar bisa menjalani hidup yang lebih baik dan masyarakat juga punya kepedulian agar tidak menyisihkan mereka, karena apapun si Pengidap HIV bukanlah sebuah dari kesalahan diri pribadi, namun ada juga unsur ketidak sengajaan yang menyebabkan masyarakat jadi Pengidap HIV.

Hingga saat ini KDS Sehati Peduli melakukan pendampingan sekitar 900 hingga 1.000 pengidap HIV di Bojonegoro yang saat ini untuk inten melakukan pengobatan dan mengkonsumsi obat obatan, bahkan pendampingan psikologi mereka agar tetap bersemangat dalam menjalani hidup yang lebih baik. (SAS/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.