Mahasiswa KKN-T Unigoro Lakukan Sosialisasi Managemen SDM UMKM

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kelompok 10 KKN (kuliah kerja nyata) Tematik Unigoro (Uiversitas Bojoegoro) melakukan kegiatan sosialisasi bersama dinas perdagangan umkm dan koperasi, sosialisasi dengan Nara Sumber Sulistyowati SE.

Sosialisasi ini dikhususkan kepada pemilik usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan usaha-usaha rumahan, selain dari umkm ada juga dari bumdes, dan apbd desa, sekirannya ada sekitar 28 orang yang menghadiri acara sosialisasi ini yang bertempat di Balai Desa Sumbang Timun, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro. Jum’at (5/8/2022).

Selain memberikan materi tentang motivasi mengembangkan usaha, legalitas dan management pemasaran, Sulistyowati juga mejelaskan tentang banyak lagi tentang usaha UMKM dan usaha rumaha lainnya.

“sosialisasi ini sangat penting untuk mengembangkan pola pikir masyarakat Desa Sumbang Timun dalam mengelola dan memajukan usaha mereka juga pendaftaran usaha seperti PIRT, NIB, HAKI, dan merek dagang, serta penjualan produk usaha mereka agar bisa melewati pasar yang lebih besar lagi,” ujar Sulistyowati.

Acara sosialisasi berjalan dengan aktif antara narasumber dan juga peserta sosialisasi banyak pertanyaan yang mereka sampaikan kepada narasumber tentang mengembangngkan usaha yang mereka miliki dan cara penyelesaiaan masalah dalam usaha yang mereka hadapi.

”Saya sangat merasa bersyukur dengan diadakannya acara sosialisasi ini, sosialisasi ini sangat banyak memberikan ilmu kepada saya untuk mengembangkan usaha yang saya miliki dan saya kelola, apalagi tentang materi legalitas dan pemngembangan sdm yang sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang belum mendafarkan usahannya.” ujar salah satu peserta sosialisasi.

sosialisasi ini diadakan dengan latar belakang bahwa di desa sumbang timun banyak masyarakat yang mempunyai usaha namun hanya berjalan seadannya belum bisa berkembang dengan pesat melampaui pasar yang sekarang ini mereka jalani.

Kepada para pemilik usaha di desa Sumbang Timun disampaikan juga bahwa pemilik usaha adalah orang yang hebat harus selalu memiliki motivasi, keteguhan hati, ketabahan, dan selalu tawakal, agar usaha yang kalian jalani bisa menjadi usaha yang besar dan menuju pasar yang lebih besar lagi. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.