Membangun Literasi Statistik dan Permudah Akses Data Dengan Pojok Statistik Unigoro

oleh -

SuaraBojonegoro.com – Badan Pusat Statistik sangat berperan dalam menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat. Untuk meningkatkan literasi statistik bagi dunia pendidikan, BPS Bojonegoro bekerjasama dengan Universitas Bojonegoro (Unigoro) Launching Pojok Statistik, bertempat di Hall Suyitno, Selasa (28/6/2022).

Kepala BPS Bojonegoro, Firman Bastian mengatakan jika penyebaran informasi beragam data sangat penting di era Revolusi Industri 4.0 ini.

“Revolusi Industry 4.0 menyebabkan berbagai perubahan pola kehidupan yang menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga pelayanan publik untuk terus berupaya menyediakan informasi terbaik bagi masyarakat,” kata Firman Bastian.

Menurutnya, kreativitas pendampingan perlu dilakukan BPS kepada dunia pendidikan tinggi karena institusi ini berisi mahasiswa sebagai calon pemimpin. Mereka memerlukan literasi data statistik jika nanti menjadi decicion maker sebagai bahan evaluasi sebuah kebijakan internal, lokal hingga nasional.

” Kita berharap Unigoro dapat menjadi sentra pembelajaran statistik sehingga kerjasama ini kita lakukan, Pojok Statistik Unigoro akan menjadi sarana peningkatan akses pelayanan data yang mudah, cepat dan murah,” harap Ketua BPS Bojonegoro ini.

Sementara itu, Dr. Tri Astuti Handayani selaku Rektor Unigoro menyambut baik kerjasama antar BPS dan Yellow Campus ini.

“Kerjasama ini diharapkan sebagai salah satu upaya menyebarkan ragam data statistik dan meningkatkan literasi pada Perguruan Tinggi, khususnya Civitas Akademika Universitas Bojonegoro,” ungkap Rektor Unigoro ini.

Hadirnya Pojok Statistik Unigoro diharapkan menjadi sebuah kerjasama yang saling menguntungkan, karena
Kolaborasi dengan berbagai instansi semakin penting bagi dunia pendidikan, bagi mahasiswa dan masyarakat saat ini.

“Pojok Statistik Unigoro diharapkan menjadi pelayanan terbaik untuk semuanya, karena akan melahirkan agen-agen statistik dan literasi, sehingga mendukung Merdeka Belajar di lingkungan Kemendikti,” harap perempuan ini.

Nampak dari pantauan media ini, kegiatan dilanjutkan penandatanganan naskah kerjasama dan Piagam Peresmian Pojok Statistik. Kegiatan juga diisi dengan materi Statistik dari BPS Bojonegoro hingga peresmian lokus Pojok Statistik Unigoro dengan pengguntingan pita. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.