Porprov Jatim 2022 dibuka Gubernur di Stadion Jember Sport Garden

oleh -

Jember, SuaraBojonegoro.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, pada Sabtu (25/06/2022, bertempat di Stadion Jember Sport Garden (JSG), membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) ke-7 tahun 2022.

Porprov Jatim 2022, digelar selama 9 hari di empat kabupaten, yaitu Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso, mulai tanggal `25 Juni 2022 hingga 3 Juli 2022.

Acara pembukaan atau opening ceremony diawali dengan parade (devile) dari perwakilan para atlet dan official masing-masing kontingen dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, yang memasuki Stadion Jember Sport Garden (JSG).

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pembukaan secara simbolis yang dilaksanakan dengan penyalaan obor api Porprov Jatim 2022, dan ditutup dengan pagelaran musik dengan bintang tamu Kotak Band.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Timur, Muhammad Nabil, dalam laporannya menuturkan bahwa jumnlah total p3eserta mulai dari atlet dan official dalam Porprov Jatim 2022 sebanyak 14.486 orang.

“Jumlah ini merupakan rekor terbesar di Indonesia, lebih besar dari pada jumlah peserta PON di Papua,” tutur Muhammad Nabil .

Adapun tema Porprov Jatim 2022 ini yaitu “Dari Jawa Timur untuk Indonesia, menuju prestasi dunia.”
Menurut Huhammad Nabil, hal tersebut sudah terbukti bahwa atlet Jawa Timur, Luluk Diana Tri Wijayana, atlet angkat besi asal Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, berhasil menyabet juara pertama pada ajang International Weightlifting Federation (IWF) Youth World Championship 2022 di Leon, Guonojuoto, Meksiko.

Ini adalah upaya, pelan tapi pasti, kita akan mengarah menjadi juara Indonesia dan juara dunia, membawa nama baik Indonesia, untuk merah putih,” kata M Nabil.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bupati Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso, selaku daerah yang menjadi tuan rumah dalam Porprov Jatim 2022.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pengurus KONI Jawa Timur, Pengusur KONI kabupatren danm kota, Pengurus Provinsi (Pengprov) dan PengurusKabupaten (Pengkab) atau Pengurus Kota (Pengkot) dari seluruh cabang olahraga, dan seluruh atlet, pelatih, dan official dari masing-masing kontingen,

“Saya bangga atlet-atlet Jawa Timur siap berlaga dalan Porprov Jatim 2022. Semuanya saya harapkan melaksanakan proses pertandingan ini dengan penuh sportivitas,” kata Gubernur Khofifah.

Dari data yang dihimpun media ini, Sebanyak 54 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan, terbagi dalam 737 nomor pertandingan, dengan jumlah peserta sebanyak 14.486 orang, terdiri dari 10.151 atlet, 3.512 official cabor, dan 823 official kontingen, yang akan memperebutkan 5.183 keping medali, baik untuk medali emas, perak, maupun medali perunggu.

Untuk lokasi pertandingan, Kabupaten Jember akan menjadi tuan rumah untuk 20 cabang olahraga sekaligus tuan rumah pembukaan atau opening ceremony. Kemudian Kabupaten Lumajang, menjadi tuan rumah untuk 15 cabang olahraga, sekaligus sebagai tuan rumah penutupan atau closing ceremony. Kabupaten Situbondo, menjadi tuan rumah untuk 13 cabang olaharaga, dan Kabupaten Bondowoso menjadi tuan rumah untuk 7 cabang olahraga.

Sementara, Kabupaten Bojonegoro akan mengikuti 27 cabang olahraga (cabor), dengan jumlah atlet sebanyak 264 orang dan official cabor 81 orang, serta official kontingen 13 orang. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.