Polres Bojonegoro Siap Amankan dan Awasi Tahapan Pemilu 2024

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kapolres Bojonegoro menerima audiensi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro dalam rangka menyongsong persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di ruang Madrim Command Center (MCC) Polres Bojonegoro, Rabu(22/6/2022) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan audensi tersebut dihadiri Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, Wakapolres Kompol Muh Wahyudin Latif, Kabag Ops, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim. Sedangkan dari KPU yang hadir Ketua KPU, Fatkur Rohman, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Fatma Lestari, Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Mustofirin, Divisi Hukum, Robby Adi Perwira, Plt. Sekretaris KPU, Fristian. Dari Bawaslu, Ketua Bawaslu, Moch. Zaenuri, Divisi Hukum, Mujiono, Divisi Penindakkan, Dian Widodo dan staf dari KPU – Bawaslu.

Kapolres Bojonegoro mengatakan Polres Bojonegoro mendukung penuh semua rangkaian dan tahapan Pemilu 2024 nanti. Apabila ada kendala dalam rangkaian dan tahapan Pemilu untuk segera didiskusikan sehingga dapat diantisipasi bersama-sama setiap per tahapan.

“Terkait tahapan dan kegiatan yang berhubungan dengan Pemilu KPU dapat berkoordinasi dengan Kasat Intelkam. Untuk Bawaslu dari Polres Bojonegoro mendukung penuh terkait Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu),” kata Kapolres kepada peserta audensi.

AKBP Muhammad menambahkan terkait tahapan dan kegiatan Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu untuk selalu dikoordinasikan dengan pihak Polres Bojonegoro.

“Dengan adanya koordinasi sejak dini dari pihak KPU dan Bawaslu dengan Polres Bojonegoro, untuk memastikan kesiapan Polres Bojonegoro dalam pengamanan dan pengawalan di seluruh rangkaian tahapan Pemilu serentak tahun 2024, sehingga meminimalisir atau menghindari potensi konflik,” imbuhnya.

Kesempatan yang sama, Ketua KPU Fatkur Rohman mengungkapkan bahwa tahapan Pemilu 2024 rencana akan digelar selama 20 bulan. Ia pun menyebut, Pemilu selalu meningkatkan tensi perpolitikan secara umum di Indonesia. Sebab itu, pihaknya melakukan koordinasi sejak awal bersama dengan Polri.

“Kami dari KPU Kabupaten Bojonegoro meminta petunjuk dan arahan dari bapak Kapolres Bojonegoro terkait potensi konflik serta kerawanan dalam pelaksanaan Pemilu mendatang, semoga pelaksanaan tahapan hingga pungut suara Pemilu 2024 berjalan aman dan lancer, ini harapan kami,” ungkap Ketua KPU.

Masih ditempat yang sama, Ketua Bawaslu, Moch. Zaenuri mengatakan pihaknya selaku pencegahan dan pengawasan akan selalu berkoordinasi dengan Polres Bojonegoro apabila terjadi kendala atau permasalahan di lapangan. Untuk mendatang Bawaslu akan melaksanakan sosialisasi serta edukasi Pemilu kepada masyarakat dengan harapan dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran di Pemilu 2024 nanti.

Terpisah, Ketua KPU, Fatkur Rohman menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Bojonegoro beserta jajarannya turut mendukung kegiatan dan tahapan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan KPU dan Bawaslu.

“Terima kasih kepada Bapak Kapolres beserta jajaran kami diterima dengan baik dalam pertemuan tadi. Polres Bojonegoro siap mendukung dalam pengamanan Pemilu nanti. Karena kami meyakini KPU dalam menyelenggarakan Pemilu tentu tidak bisa berjalan sendiri harus mendapatkan dukungan, kerja sama dengan berbagai pihak dalam hal ini termasuk Polri,” pungkas Fatkur Rohman kepada awak media ini di Mapolres. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.