Mahasiswa KKN UTM Ajak Masyarakat Desa Kabunan Buat Alat Hemat Energi Tesla Coil

oleh -

SuaraBojonegoro.com – Di era perubahan industri 4.0 saat ini memiliki berbagai macam tantangan, salah satunya dari segi biaya. Solusi tersebut sebenarnya sudah terpecahkan dengan “Dunia Tesla”, dimana manusia tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya listrik mereka.

Pada kesempatan kali ini, Mahasiswa Teknik Elektro 2019 Universitas Trunojoyo Madura, M. Alif Mahmuda, berbagi ilmu bagaimana cara membuat Tesla Coil dengan warga Desa Kabunan Kecamatan Balen, Minggu (05/06).

Seminar yang antusias dihadiri oleh bapak-bapak dan remaja RT.16 ini berjalan dengan interaktif, komunikasi dua arah terjadi pada acara yang diadakan pagi hari ini, sehingga tanya jawab kerap terjadi. Para audiens juga diajak untuk mempraktekan langsung cara membuatnya, dengan melilitkan kawat sampai menyolder. “Tidak semua peserta pelatihan tahu alat ini sebelumnya” Ujar Alif Mahmuda. Senin (7/6/2022).

Dengan adanya alat seperti ini memberikan manfaat yaitu untuk mengubah tegangan rendah ke tegangan tinggi dan sangat berguna pada transmisi energi tanpa kabel, tak hanya untuk digunakan menyalakan lampu, Tesla Coil tersebut bisa untuk mengecharge Handphone.

“Saya baru tahu kalau ada alat yang seperti ini” Ucap salah satu remaja terheran-heran.

Setelah selesainya seminar, kebanyakan dari audiens ingin mempraktekkannya dirumah masing-masing, dengan adanya alat ini mereka bisa memanfaatkannya ketika mati listrik tiba. “Enak ini mas, ketika mati listrik tinggal menempelkannya ke lilitan kawat tadi langsung nyala lampunya,” Ujar salah satu warga.

Alat-Alat yang diperlukan untuk Tesla Coil ini cukup mudah dicari, antara lain: Pipa PVC 3/4, Kawat Email 0,5, Kawat Email 1,5, Resistor 10K, Transitor TIP41, Baterai 9V, Timah, dan Solder. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut:
1.Buat induktor pada pipa yang sudah dipotong sesuai ukuran, dengan cara melilitkan kawat tembaga ke pipa, perlu kecermatan dalam membuat , induktor dibuat dengan lilitan tanpa celah.pada kawat primer menggunakan kawat email ukuran 0,5 mm dan kawat sekunder menggunakan kawat ukuran 1,5 mm. kedua ujungnya di ikat dengan solatip agar tidak lepas. pa
2.Tempelkan pipa tadi di papan , bisa menggunakan lem tembak.
3.Susun komponen elektronika  transistor TIP41, resistor 10k, kancing baterai, baterai 9v dan solder menggunakan timah.
4. Pada resistor ukuran 10k, lilitan primer (kawat ukuran 0,5) dan kutub positif baterai dihubungkan bagian basis transistor TIP41. kemudian lilitan kawat sekunder (1,5 mm) yang atas  dihubungkan dengan transistor bagian collector. kemudian kawat lilitan sekunder yang bawah dihubungkan basis (kaki tengah) pada transistor TIP41 dan Emiter (kaki bagian kanan) pada transistor TIP41 dihubungkan ke kabel baterai kutub negatif. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.