Ketua Pengadilan Tinggi Berikan Kuliah Umum di Dies Natalis Fakultas Hukum Unigoro Ke 41

oleh -

SuaraBojonegoro.com – Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Zaid Umar Bobsaid, SH, MH menghadiri dan memberikan kuliah umum pada kegiatan Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro ke-41 tahun 2022 dengan Mengangkat topik “Bagaimana  Sistem Peradilan Hukum di Indonesia dan Tata Cara Persidanganya” bertempat di Hall Universitas Bojonegoro, Selasa (24/5/2022).

Rektor Universitas Bojonegoro, Dr. Tri Astuti Handayani, SH, MM, M.Hum menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya yang berkenan memberikan Kuliah Umum pada Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro.

“Kami berharap semua peserta, utamanya mahasiswa fakultas hukum semakin mampu memahami sistem peradilan di Indonesia dan tata cara persidangan,” harap Rektor Universitas Bojonegoro ini.

Zaid Umar Bobsaid, SH, MH sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya dalam kuliah umumnya mengupas sistem  peradilan Indonesia.

“Sebagai negara hukum, Indonesia berkewajiban memberikan keadilan bagi setiap warga negaranya. Sehingga, Indonesia memiliki proses penegakan hukum yang disebut peradilan,” ungkapnya.

Menurutnya, peradilan dilakukan “Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa”dengan sederhana, cepat dan biaya ringan yang dilakukan oleh badan resmi yang disebut sebagai pengadilan yang harus melaksanakan peradilan tanpa diskriminasi. Zaid Umar juga mengupas sistem peradilan di Indonesia mulai dari peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, peradilan tata usaha negara dan peradilan tipikor hingga tata beracara dalam persidangan.

“Jika warga negara yang melaksanakan peradilan tidak puas atas putusan pengadilan negara. Maka dapat melakukan banding ke pengadilan tinggi,”  terangnya.

Nampak, Kuliah Umum Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro ini diikuti oleh pejabat struktural pengadilan di lingkup Kabupaten Bojonegoro, civitas akademika dan ratusan mahasiswa hukum. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.