Ini Pesan Kapolres Bojonegoro Saat Anda Meninggalkan Rumah Untuk Pergi Berlebaran

oleh -
oleh

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Niat untuk melakukan tindak pidana kejahatan, terkadang juga terjadi karena ada kesempatan, sehingga pelaku kejahatan melihat situasi yang mana memungkinkan kelengahan atau keteledoran warga, hal ini harus menjadi perhatian warga dan melakukan hal hal yang seharusnya mampu menangkal upaya kejahatan.

Kegiatan Hari Raya Idul Fitri, banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkunjung ke rumah rumah kerabat, sanak famili, baik yang ada didalam wilayah maupun diluar wilayah, sehingga diduga tidak sedikit para pelaku kejahatan terutama pencurian memanfaatkan momen lebaran yang rumahnya ditinggal oleh pemiliknya.

Sehingga untuk menekan adanya angkat tidak pidana pencurian dimasyarakat saat momen lebaran, Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad telah mensiagakan pasukan gabungan yang melakukan tugas selain penjagaan ditempat tempat terbuka dan juga di Pos Operasi Semeru, juga menugaskan para Bhabinkamtibmas untuk selalu melaksanakan patroli dilingkungan tugasnya.

Selain itu, juga kepada para Bhabinkamtibmas agar selalu mengingatkan kepada masyarakat guna memperhatikan kondisi pintu dan jendela rumah agar dikunci dengan benar, “Sebelum keluar rumah agar warga memastikan apakah rumahnya sudah dikunci dengan benar, dan menyimpan barang barang berharga ditempat yang tidak bisa dijangkau oleh orang orang yang hendak berbuat jahat,” Terang AKBP Muhammad, Rabu (4/5/2022) saat ditemui awak media SuaraBojonegoro.com.

Disampaikan juga oleh Kapolres Bojonegoro, bahwa pihaknya melalui Kapolsek Masing masing agar terus meningkatkan patroli guna pengamanan lingkungan, guna mengantisipasi adanya tindak pidana saat lebaran hari raya idul Fitri.

Dengan kebiasaan masyarakat yang meninggalkan rumah untuk berlebaran bahkan bepergian ke luar kota, hal ini menjadi PR bagi petugas kepolisian guna meningkatkan patrolinya, bahkan para Bhabinkamtibmas harus rutin melakukan patroli di desa atau wilayah Binaanya.

Meskipun petugas Polisi melakukan pengamanan, namun warga yang hendak meninggalkan rumah juga harus memperhatikan hal berikut seperti mematikan seluruh peralatan listrik, mencabut stop kontak dari colokan listrik, mematikan kran air, Melepas slang kompor gas dari tabungnya, Kunci jendela rumah dan kunci rumah, serta Lapor atau menitip rumah pada tetangga atau ketua RT setempat.

“Sebelum bepergian, warga juga harus Memastikan kendaraan Roda Empat atau roda dua dalam kondisi layak jalan agar tidak menimbulkan kecelakaan juga harus diperiksa kondisi rem, ban, serta perlengkapan lain dan mesinnya, dan jangan Lupa tetap patuh pada protokol kesehatan, agar tetap sehat dan aman saat bepergian,” Bener Pria kelahiran Padang ini.

AKBP Muhammad juga mengingatkan agar masyarakat juga berhati hati membawa barang bawaan saat bepergian agar tidak memberikan kesempatan orang orang yang dengan niat jahat untuk melakukan kejahatan.

“Jika akan bepergian seharusnya tidak menggunakan perhiasan berlebihan dan dapat mengundang orang lain untuk berbuat jahat, serta saat membawa tas juga untuk ditempatkan ditempat aman, seperti dalam Jok kendaraan motornya, atau dipegang dengan erat di depan saat berkendara,” Lanjut AKBP Muhammad.

Untuk mempersempit ruang agar orang tidak melakukan tindak kejahatan di Lebaran Idul Fitri ini, Polres Bojonegoro juga menerjunkan Sat Samapta guna melakukan patroli dititik titik rawan dan pusat keramaian dengan dibekali persenjataan Laras panjang lengkap. (SAS/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.