Bolehkah Lakukan Olahraga saat Menjalankan Puasa, Tapi Harus Perhatikan Ini!

oleh -
oleh
*) foto: sumber sehatq.com

SuaraBojonegoro.com – Puasa Ramadhan adalah sebuah kewajiban bagi umat muslim selama satu bulan dan identik dengan ibadah puasa sehari penuh. Saat puasa, orang-orang tidak boleh makan atau minum dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun apakah saat berpuasa bolehkan olahraga dilakukan karena tidak makan dan minum sejak pagi hingga petang.

Berikut saran Dokter agar Menjalani Puasa Tanpa Lesu dan Mengantuk,
Menurut dokter penyakit dalam Dirga Sakti Rambe, orang yang sedang berpuasa tentu boleh melakukan olahraga. Namun, waktu dan intensitasnya perlu diatur.

dr. Dirga dalam Virtual Class nya mengatakan bahwa orang berpuasa sangat Boleh berolahraga, namun harus mengatur waktu serta intensitasnya.

“Kita yang mengenali kebutuhan tubuh kita, jadi yang biasanya olahraga di pagi hari mungkin waktunya dipindah jadi setelah ashar, jelang magrib, setelah magrib, atau setelah tarawih,” ujar Dirga dalam Virtual Class yang dikutip dari Liputan6.com (30/3/2022).

Kenapa Perlu Jaga Intensitas?
Dirga juga menjelaskan mengapa olahraga di bulan Ramadhan perlu diatur waktu dan intensitasnya. Menurutnya, pada minggu pertama puasa tubuh melakukan penyesuaian.

“Kita tahu pada saat kita puasa satu bulan terutama di minggu pertama itu ada penyesuaian bagi tubuh. Kita mungkin mudah ngantuk, lemes, mudah lelah itu wajar penyesuaian.”

Setelah penyesuaian, maka intensitas olahraga dapat ditingkatkan perlahan. Namun yang jelas, lanjut Dirga, puasa bukan halangan untuk olahraga.

“Cukup sehari 30 atau 60 menit yang penting ada aktivitas fisik,” katanya. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.