Sinergi CSR PEPC Zona 12 dengan Pemkab Bojonegoro Wujudkan Fasilitas Air Bersih di Desa Meduri

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Air merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, baik untuk keperluan konsumsi, rumah tangga dan juga untuk keperluan umum. Sebagai kebutuhan yang esensial, air menjadi sesuatu yang sangat dinanti, khususnya di daerah yang merupakan kawasan yang kering.

Seperti yang terjadi di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Kondisi awal Desa Meduri merupakan desa yang kekeringan, kebutuhan air dipenuhi dari sumur-sumur pompa yang dangkal. Untuk mengatasi permasalahan air di Desa Meduri, SKK MIGAS – Pertamina EP Cepu Zona 12 bekerjasama dengan LSM Lembaga Informasi dan Masyarakat Banyuurip (LIMA 2B), selama kurang lebih lima bulan melaksanakan kegiatan Program Penyediaan Fasilitas Sanitasi dan Air Bersih.

Program yang juga mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro ini diserahterimakan kepada masyarakat Dusun Kenongodengkol, Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro pada Kamis (10/02) yang mengambil tempat di rumah salah satu warga. Program bantuan penyediaan fasilitas sanitasi dan air bersih ini meliputi instalasi jaringan pipa air bersih sepanjang 2.430 meter, 1 paket pemboran sumur air bersih, pompa air, dan installasi listrik, tower tandon air kapasitas 10.200 liter dan 6 unit sumur jobin/galian dangkal.

Kepala Desa Meduri, Haryono mengucapkan terima kasih kepada Pertamina EP Cepu Zona 12 serta rasa syukurnya karena telah diberi bantuan akses air bersih. Haryono juga menyampaikan harapan terhadap keberlanjutan program ini.

Tanggapan diberikan oleh PEPC Zona 12. Melalui Perwakilan PEPC Zona 12, Weanny Hikmat sebagai Assistant Manager Field Relations juga menyampaikan pentingnya arti air untuk kehidupan sehari-hari. “Dengan adanya program ini, kami berharap bantuan air bersih ini dapat memberikan manfaat, terutama kepada lebih dari 90 Kepala Keluarga. Kami mohon setelah program ini selesai, fasilitas penyediaan air dapat dijaga dan dipelihara sehingga bermanfaat untuk jangka panjang. Kami juga mengucapkan terima kasih atas arahan dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro kepada PEPC atas terwujudnya penyediaan fasilitas air bersih di Desa Meduri ini,” ujar Weanny.

Program Penyediaan Fasilitas Sanitasi dan Air Bersih ini merupakan program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan oleh Pertamina EP Cepu Zona 12 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream bekerjasama dengan LSM LIMA 2B dan merupakan komitmen PEPC untuk dapat berkontribusi dalam pemenuhan energi negeri dan juga melakukan pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Kegiatan Program Air Bersih ini telah mendapatkan persetujuan dari SKK MIGAS serta mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Acara serah terima yang juga dihadiri oleh tokoh masyarakat desa berjalan lancar dan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.