Sanggar ‘Basa Jawa’ Di Balai Desa Wotan, Siapkan Pondasi Menuju Desa Wisata

oleh -
oleh

Reporter: Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Sanggar ‘Basa Jawa’ yang diselenggarakan setiap hari minggunya di Balai Desa Wotan, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dilakukan guna mempersiapkan Desa Wotan ini menuju Desa Wisata. Dengan ‘basa Jawa’ diharapkan akan mampu menjadi tuan rumah yang ramah dan juga penuh etika dan Sopan santun terhadap pendatang. Minggu (7/2/2022).

Program Pencanangan belajar ‘Basa Jawa’ ini juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa bagi masyarakat desa Wotan oleh pemerintah desa Wotan.

“Sinau Basa Jawa ini adalah program yang diselenggarakan setiap hari Minggu, juga untuk peningkatan Sumber Daya Manusia, khususnya anak muda dengan berbahasa Jawa dengan baik dan bahasa Jawa halus akan menjadi prioritas kreatifitas dalam menjadi tuan rumah ketika Destinasi Wisata suda Siap,” Ujar Kepala Desa Wotan, Anam Warsito .

Menurut Anam Warsito, Program belajar Bahasa Jawa ini diberikan kepada mulai dari tingkat anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, dan diberikan kepala khalayak masyarakat dan kalangan umum.

“Siapapun juga boleh jika mau belajar dengan mendatangkan Nara sumber atau pemateri yang sudah profesional dalam bidang materi bahasa Jawa,” Lanjut Anam.

Dengan mengenalkan kembali bahasa Jawa pada anak dan remaja diharapkan mereka yang selama ini sudah tidak bisa berbahasa jawa bahkan sudah meninggalkan bahasa Jawa dalam komunikasi sehari-hari bisa berbaha jawa kembali.

“Dengan belajar bahasa jawa diharapkan juga bisa belajar tentang sopan santun. Karena sebenarnya dalam bahas jawa terdapat ajaran tata krama dan sopan santun,” tambah Pria yang juga mantan anggota DPRD Bojonegoro ini. (Rum/SAS)

No More Posts Available.

No more pages to load.