Jalan Desa dan Puluhan Hektar Tanaman Padi Di Baureno Terendam Banjir

oleh -
oleh

Reporter: Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Akibat hujan deras di wilayah hulu sungai Begawan Solo menyebabkan volume air sungai naik, dan meluber di area Jalan Desa dan Sekitar 50 hektar tanaman padi terendam banjir di wilayah Desa Kauman, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (23/1/2022).

Air yang menggenang dijalan Desa terjadi sejak kemarin pagi, sehingga menyulitkan warga yang hendak menuju Desa Kadungrejo, karena ketinggian air dijalan Desa mencapai sekitar 20 hingga 40 centi meter dan sekitar jalan tersebut merupakan area persawahan.

Dikonfirmasi Media SuaraBojonegoro.com Kades Kauman Rokhis Riskon, menyampaikan bahwa air menggenang di Persawahan yang ada tanaman padinya sekitar 50 hektar. “Tanaman padi ini siap panen, namun dengan kesiapan Pemdes kami dengan membenahi tanggul sebelumnya sehingga bisa tertolong,” Ujar Rokhis Riskon.

Dijelaskan juga bahwa di Desa Kauman terdapat empat titik tanggul kali avur yang berdekatan dengan sungai Begawan solo, dan sebelumnya pihak Pemdes Kauman melakukan pembenahan serta penataan tanggul agar tidak tergerus air atau jebol saat air sungai Begawan solo meluap.

“Perbaikan tanggul kami lakukan secara mandiri bersama masyarakat agar air tidak meluber ke sawah dan merugikan petani apalagi juga menjelang panen tanaman padi,” Tambah Kades Kauman.

Disampaikan juga apabila tanggul tidak segera dibenahi diperkirakan akan meluber ke seluruh area pertanian warga yang seluas sekitar 250 hektar.

Sementara jalan Desa dari Kauman menuju Kadungrejo yang tergenang air sempat menyulitkan warga yang melintas, beberapa kendaraan yang melintas harus didorong karena kemasukan air, namun siang ini air yang menggenang di jalan Desa mulai surut. (Sas/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.