SDN Padangan II Juara Lomba Budaya Mutu Tingkat Kabupaten.

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com  – Pada Jumat, 26 Nopember 2021, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Bojonegoro diumumkan sekaligus penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada Kepala SDN Padangan II, karena SDN Padangan II terpilih menjadi juara 1 Lomba Budaya Mutu kategori manajemen berbasis sekolah (MBS).

Saat ditemui awak media Kaseniati, S.Pd, selaku Kepala SDN Padangan II memberikan keterangan bahwa, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro tetap mengadakan LBM (Lomba Budaya Mutu) dengan tetap mempertahankan protokol kesehatan . Adapun cabang lomba yang dilombakan ada 8 cabang lomba/kategori meliputi : Manajemen Sekolah Swasta, Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS), Pembelajaran, Perpustakaan dan Literasi, PKB Aisber, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), LSS ( UKS Terpadu), dan SD Pembina.

Masing- masing kategori diikuti oleh 28 Sekolah Dasar dari 28 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro. Adapun kegiatan lomba dimulai dengan sosialisasi pada tanggal 5 Oktober 2021, selanjutnya sekolah menyusun dokumen portofolio tanggal mulai 7 sd 15 Oktober 2021.

Untuk komponen penilaiannya meliputi babak I penilaian portofolio dengan bobot 20 % dan hasilnya diambil 10 besar yang selanjutnya mengikuti babak II presentasi dan wawancara.

Seleksi Tahap II (Presentasi dan Wawancara, Bobot 40%)
Presentasi dimaksudkan untuk memperoleh informasi secara lebih mendalam serta menilai kapasitas kepemimpinan dan manajerial tentang budaya mutu sekolah, dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program di masing-masing sekolah. Wawancara dimaksudkan untuk mendalami, mengklarifikasi, mengeksplorasi temuan- temuan pada data yang telah dikirimkan.

Waktu presentasi dan wawancara 30 menit dengan ketentuan 10 menit paparan dan sisanya tanya jawab (pembagian waktu dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi). Pada babak ini diambil 6 besar dan yang masuk 6 besar tersebut selanjutnya mengikuti babak III yaitu visitasi untuk penentuan juara 1,2,3 serta harapan 1,2,3

Seleksi Tahap III Grand Final (Visitasi, Bobot 40%)
Visitasi Sekolah dilakukan dengan memperhatikan dan melaksanakan protokoler kesehatan. Visitasi dilaksanakan untuk melakukan observasi dan penggalian informasi kepada kepala sekolah, guru, siswa, orangtua dan tokoh masyarakat. Selama melaksanakan visitasi, Tim Penilai akan membuat dokumentasi visitasi sekolah yang dapat berbentuk foto maupun video. Berdasarkan hasil visitasi, akan ditetapkan 6 peringkat.

Dan alhamdulilah SDN Padangan II berhasil mendapatkan Juara I Lolos seleksi Lomba Budaya Mutu bidang manajemen berbasis sekolah (MBS) di tingkat kabupaten. Ini tidak lepas dari kerja kerja keras Tim Sekolah yaitu keluarga besar SD Negeri Padangan II yang didukung Pengurus komite sekolah, paguyuban kelas, dan semua siswa tentunya membawa andil atas ditetapkannya SDN Padangan II juara I LBM tingkat kabupaten Bojonegoro pada tahun 2021 . Terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu suksesnya acara Lomba Budaya Mutu ini . Di tengah pandemi SD Negeri Padangan II tetap berprestasi. Sebuah kebanggaan yang patut disyukuri. Tambah Kaseniati diakhir keterangan. (Sew/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.