Operasi Patuh Semeru 2021 Dimulai Dengan Ditandai Apel  Gelar Pasukan

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Wakapolres Bojonegoro Kompol Muh Wahyudin Latif pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2021 bertempat di halaman Mapolres Bojonegoro, Senin(20/9/21).

Operasi Patuh Semeru 2021 ditandai dengan penyematan pita Operasi oleh Wakpolres Bojonegoro selaku pimpinan apel kepada perwakilan peserta dari personel Satlatas, Kodim 0813/Bojonegoro dan Dishub.

Wakapolres Bojonegoro membacakan sambutan Kapolda Jatim dalam apel gelar pasukan Operasi Patuh Semeru 2021 bahwa Operasi Patuh pada tahun 2021 ini tidak jauh berbeda dengan pelaksaanan operasi pada tahun 2020  dimana pelaksanaannya masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga fokus pelaksanaan operasi ini lebih mengedepankan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif terutama dalam rangka sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan kepada masyarakat selain juga memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas.

Masih sambutan Kapolda Jatim hasil positif dalam hal penanganan Covid-19 di Jawa Timur tersebut merupakan kerja keras dan kolaborasi semua pihak baik Pemprov Jatim, Polda Jatim, TNI dan seluruh elemen masyarakat yang berupa pelaksanaan kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berjenjang, peningkatan kegiatan 3T dan perluasan kegiatan vaksinasi.

Lebih lanjut diharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada dengan menerapkan 5M agar gelombang penyebaran Covid-19 tidak terjadi kembali di wilayah Jawa Timur sehingga roda perekonomian dan kegiatan sosial lainnya dapat berjalan kembali normal. Saat ini di wilayah Jawa Timur sudah mengalami penurunan level ppkm dimana pembatasan kegiatan masyarakat sudah dikurangi dan beberapa area publik sudah dimulai dibuka kembali, sehingga perlu diwaspadai adanya peningkatan pergerakan kendaraan atau moda transportasi yang dapat menimbulkan kemacetan dan kecelakaan terutama pada areal trouble spot, selain itu juga yang perlu diantasipasi adalah kerumunan massa di lokasi wisata dan pusat hiburan masyarakat lainnya guna mencegah penyebaran Covid 19 agar kejadian pada saat bulan Mei hingga Juli 2021 tidak terulang kembali.

Di akhir sambutan Kapolda Jatim saat dibacakan Kompol Muh Wahyudin penekanan kepada seluruh peserta apel gelar pasukan Operasi Patuh Semeru 2021 :

1. Lakukan mapping terhadap lokasi-lokasi yang rawan terjadinya penumpukan massa, rawan kecelakaan, kemacetan, dan pelanggaran lalu lintas ;
2. Dalam pelaksanaan operasi agar dikedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara edukatif dan humanis sehingga dapat meningkatkan kepercayan masyarakat terhadap Polri ;
3. Berdayakan sumber daya operasi untuk membantu pemerintah dalam rangka kegiatan pencegahan penyebaran Covid 19 melalui kegiata sosialisasi protokol kesehatan, peningkatan kegiatan 3T dan perluasan cakupan vaksinasi;
4. Diingatkan kembali kepada anggota selama kegiatan operasi tidak diperbolehkan melakukan tindakan kontra produktif yang dapat menurunkan citra Polri;
5. Jaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas agar para anggota yang bertugas di lapangan dapat menjalankan tugas secara optimal;
6. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab agar Polri yang Presisi bisa terwujud.

Disela sela kegiatan apel gelar pasukan, Kompol Muh Wahyudi mengatakan dalam operasi patuh tahun ini diprioritaskan kegiatan simpatik dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Meliputi kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas berupa bakti sosial, bagi masker, serta pemasangan stiker imbauan protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas.

“Operasi Patuh Semeru 2021 akan dilaksanakan selama 14 hari, dari tanggal 20 September sampai dengan 3 Oktober 2021. Prioritas kegiatan simpatik dan edukasi protokol kesehatan dan Keamanan, Ketertiban dan Kelancaran Arus Lalu Lintas(Kamtibcarlantas),” jelas Muh Wahyudin Latif kepada awak media di Mapolres.

Dalam kegiatan apel gelar pasukan Operasi Patuh Semeru 2021 diikuti Wakapolres Bojonegoro, para pejabat utama Polres Bojonegoro, para perwira staf, Kapolsek jajaran, satu pleton Kodim 0813/Bojonegoro, satu pleton personel staf, satu pleton Satreskrim dan Sat Narkoba, satu pleton Sat Intelkam, satu pleton Sat Pol PP, satu pleton Dishub, satu pleton Dinkes, satu pleton BPBD Bojonegoro. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.