Merawat Tanaman Bonsai, Hobi Ditengah Pandemi

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Melakukan hobi merupakan hal yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang terlebih dimasa pandemi covid-19 seperti ini. Tak heran, jika selama berdiam diri di rumah banyak kegiatan maupun hobi baru yang dilakukan masyarakat untuk mengurangi rasa bosan. Rabu (25/08/21).

“Salah satu hobi yang kembali eksis di kalangan masyarakat yaitu menanam serta merawat bunga dan berbonsai,” kata Urip Widodo, salah satu pengusaha tanaman hias.

Hobi ini mendadak banyak digemari banyak orang dan tidak jarang menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Selain merawat bunga, menjual bunga menjadi kegiatan yang berbuah penghasilan bagi seseorang yang hobi dengan tanaman.

Ditambah segala macam komponen-komponen untuk membuat bunga terlihat lebih indah seperti pot atau pun rak bunga juga banyak diminati oleh banyak orang, bahkan bisa mengundang orang lain untuk hobi menanam.

“Sedangkan untuk bonsai memang diperlukan keahlian khusus, ketelatenan dan kesabaran,” ujar Insinyur Pertanian Universitas Wisnu Wardhana (UNIDHANA) ini.

Dalam kesempatan ini dirinya menjelaskan bawa popularitas tanaman bonsai di tanah air tidak pernah redup dan terus berkembang. Sehingga tanaman bonsai ini dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Selain itu dirinya menjelaskan jika tidak semua tanaman dapat dijadikan bonsai. Oleh karena itu, bagi pemula harus terlebih faham tanaman yang bisa dijadikan bonsai.

Di dua stand miliknya yakni di Jalan Veteran dan Jalan Cepu Lama atau lebih tepatnya di sebelah Jembatan Jetak, Kecamatan Bojonegoro, ini dirinya menyediakan berbagai jenis bahan untuk bonsai dengan harga yang terjangkau.

“Kita bisa belajar bareng berbonsai disini,” jelasnya.

Selain dapat dijadikan hobi baru tanaman bonsai dapat dijadikan investasi ekonomi yang menggiurkan jika dirawat, dikelola, dan dipasarkan dengan tepat. Bisnis bonsai bahkan bisa menjadi investasi dan jaminan masa tua. Harganya yang bisa mencapai angka fantastis,” pungkasnya. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.