KKN Tematik Unigoro, Bangkitkan Gairah UMKM Yang Mati Suri Terdampak Pandemi

oleh -
oleh
Kelompok 16 KKN Tematik Unigoro Sedang Menyerahkan Bantuan Ke Salah satu Pengelola UMKM di Desa Kalirejo

SuaraBojonegoro.com – Pandemi Covid-19 yang melanda di negeri ini sejak awal 2020 telah membawa dampak bagi masyarakat secara luas, khususnya yang merasakan dampaknya  adalah masyarakat pelaku UMKM, pandemi Covid-19 menjadikan omzet menurun drastis dan bahkan tidak sedikit pelaku usaha UMKM yang gulung tikar. Contohnya UMKM KSM ECHO yang berada di Desa Kalirejo, Kecamatan/Kabuoaten Bojonegoro.

UMKM yang bergerak dibidang usaha aneka keripik  ini sebelum pandemi sudah berjalan dengan baik dan berproduksi dengan lancar dengan banyak melayani pesanan dan penjualan secara manual di beberapa kedai dan toko.

Namun sejak pandemi Covid-19 melanda, terjadi penurunan yang sangat drastis dan bahkan mati.
Sehingga Universitas Bojonegoro (Unigoro) melalui Tim KKN Tematik Kelompok 16, sejak tanggal 02 Agustus 2021 lalu melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan pendampingan dan pembinaan kepada UMKM yang ada di Desa Kalirejo.

Dari data yang dihimpun media ini menyebutkan bahwa mahasiswa KKN Tematik Unigoro ini melakukan pendampingan terhadap UMKM KSM Echo yang dikelola oleh Rina Maharani. Rina Maharani selaku pemilik UMKM KSM Echo menjelaskan bahwa pelaku UMKM ini terdiri dari 3 orang dulunya sempat berjalan dan produksi dengan banyak pesanan dan pemasaran lokal.

“Namun sejak ada pandemi ini pesanan berkurang drastis dan mati, sehingga kami biasanya hanya menerima pesanan keripik pisang dari orang-orang yang mau punya hajatan saja,” ujar Rina Maharani, Selasa (24/8/2021).

Disampaikan oleh Rizal Hendrawan selaku Ketua kelompok 16 KKN Tematik Unigoro, bahwa untuk membangkitkan kembali gairah UMKM Echo ini Tim 16 KKN Tematik Unigoro telah melakukan pembinaan dengan memberi bantuan peralatan produksi dan melakukan pendampingan dalam perijinan usaha produksi makanan serta membantu dalam pemasaran dengan desain kemasan yang menarik, memberikan gagasan variasi rasa serta mengenalkan digital marketting untuk memasarkan produk-produk UMKM ini.

“KKN ini bertujuan untuk membangkitkan kembali UMKM Echo yang sempat mati suri dengan memberikan gagasan variasi rasa yang awalnya hanya rasa original serta melakukan pendampingan dalam pengurusan ijin usaha makanan di Dinas Kesehatan serta membantu upgrade penjualan dan memberikan bantuan untuk produksi agar supaya bisa membangkitkan perekonomian pasca pandemi COVID-19,” Terang Rizal Hendrawan.

Diharapkan dengan kegiatan KKN Tematik oleh Unigoro akan mampu membantu masalah perekonomian masyarakat dan membantu masyarakat bangkit dari kendala ekonomi yang dihadapi ditengah sulitnya pandemi Covid 19. (Lis/Rum)

No More Posts Available.

No more pages to load.