Bertahun Tahun Warga Sukosewu Ini Tekuni Kerajinan Dari Gedebok dan Pelepah Pisang

oleh -

Reporter : Ciprut laela

SuaraBojonegoro.com – Saat banyak orang  mengandalkan kain untuk membuat tas, kayu untuk membuat kursi bermodel apa saja, salah satu warga Purwoasri kecamatan Sukosewu kabupaten Bojonegoro ini justru menggunakan Gedepok pisang.

Sarmi warga Purwoasri ini menjelaskan, bahwa Gedebok dan pelepah daun pisang ini harus di belah dulu dan lalu di jemur, setelah kering, setelah kering

“Gedebok dan pelepah daun pisang ini nantinya akan di buat tas, kursi dan ikat pinggang. Satu kelonya di beli 25 ribu. Itu orang nya ambilnya ya sudah kering mbak,” Ujar Sarmi, Senin (19/7/2021).

Sarmi juga menjelaskan bahwa Dirinya menekuni pekerjaan ini sudah sangat lama yaitu selama 6 tahun. Dan dulu 1 kglogram hanya Rp.300 ribu, namun sekarang sudah naik harganya. “Kalau dulu saya merajut sendiri, sekarang tidak mbak karena pengepulnya sudah kesini ambil pelepah yang kering dan belum jadi. Jadi ya hanya menjemur saja,” Terangnya.

Gedebok dari Batang pisang ini juga terbukti sangat Kokoh dan Awet untuk bahan-bahan membuat tas serta kursi dan ikat pinggang. Jadi dirinya tidak ragu untuk merajutnya. (Prut/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.