Siap Jadi Kabupaten ODF, Pemkab Bojonegoro Siapkan STBM

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan merencanakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) guna terwujudnya lingkungan yang bebas ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan  untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. STBM menekankan pada 5 (lima) perubahan perilaku higiene yang dikenal sebagai  5 (lima) PILAR STBM  yang terdiri dari: Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan  Pakai Sabun, Pengolahan Air Minum dan Makanan di Rumah Tangga, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga serta Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Bojonegoro dr. Ani Pujiningrum menyampaikan bahwa  jumlah rumah sebanyak 361.989 unit. “Dari jumlah tersebut yang belum memiliki jamban sebanyak 7111 unit. Tindak lanjut yang dilakukan adalah dengan pengalokasian dari Dana Desa, alokasi sanitasi dari APBD dan CSR” jelasnya, Selasa (21/6/2021).

Lebih lanjut  Kadinkes menambahkan di P-APBD Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan mengalokasikan Bantuan Keuangan Desa (BKD) sejumlah 3.462 unit dengan masing-masing 10 juta rupiah, sehingga total anggaran mencapai Rp. 34.620.000.000. Sedangkan sisanya sebanyak 3.649 rumah akan ditangani melalui Dana Desa dan CSR Perusahaan.

“Dengan alokasi anggaran tersebut untuk pembangunan STBM ini, Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021 siap menjadi Kabupaten ODF.
Dari 28 Kecamatan sebanyak 18 kecamatan 384 desa sudah ODF sejak tahun 2014 sampai 2021
Dijelaskannya, sanitasi total ini merupakan gerakan yang mendesak untuk dilaksanakan demi terciptanya lingkungan bersih dan sehat” pungkasnya. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.