Di Sumberrejo, Balita Umur 1 Tahun Sedang Berjuang Melawan Sakit Tumor Ginjal

oleh -

SuaraBojonegoro.com – Namanya Hafiz Ramadhan Alfarezi, balita Desa Teleng yang masih berumur 1 tahun dan saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit tumor ginjal yang di deritanya sejak berumur 3 bulan. Hafiz, panggilan balita tersebut di diagnosa oleh dokter menderita penyakit tumor ginjal setelah melakukan pemeriksaan di RSUD Sosodoro Djati Kusumo Bojonegoro dan dirujuk ke RSUD Soetomo Karangmenjangan Surabaya guna dilakukan tindakan kemoterapi.

Menurut Bidan Desa Teleng Endah Agustina, kondisi Hafiz pertama terlihat normal seperti kebanyak bayi pada umumnya, namun Hafiz sering mengalami sering sakit demam dan dilakukan pemeriksaan di Polindes Desa oleh Bidan Desa. Karena tidak ada perubahan dan perutnya terlihat membesar, akhirnya Bidan Desa menyarankan untuk dibawa ke pelayanan Poli di RSUD Bojonegoro.

“Seteleh terdeteksi terdapat tumor dibagian organ dalam Hafiz, dari Poli RSUD Bojonegoro diberikan rujukan untuk diberikan pengobatan di RS Soetomo Surabaya”, terang Endah, Rabu (9/06/2021).

Lebih lanjut Endang menambahkan bahwa menurut Marpuah ibu kandung balita tersebut, Hafiz melakukan pemeriksaan terakhir pada bulan Mei lalu dan dokter menyarankan untuk menghentikan proses kemoterapi dengan pertimbangan kondisi Hafiz yang saat ini tidak terjadi perubahan untuk kesembuhan. Dan ketika terakhir melakukan kemoterapi selama 1 bulan di Surabaya sudah menghabiskan 30 kantong darah trombosit dan saat ini Hafiz tinggal dirumah di Desa Teleng dengan keseharian diasuh oleh Nenek Hafiz dikarenakan ayah Hafiz yang bernama Ali Gifron (32) bekerja serabutan dan Ibunya yang bernama Marpuah (23) bekerja sebagai buruh pabrik di Kecamatan Baureno.

“Kondisi Hafiz saat ini masih belum ada perubahan, karena pada saat kemoterapi tumor Hafiz tidak mengecil, sedangkan untuk dilakukan operasi harus menunggu tumornya mengecil terlebih dahulu”, tambah Endang.

Sementara itu, Kepala Dusun Tlogo Desa Teleng Edy Suyitno mengatakan bahwa, saat ini Hafiz merupakan warga Desa di Desa Sugihawaras Kecamatan Kepohbaru semenjak berumur 4 bulan karena orang tua Hafiz mengalihkan kependudukannya di Kecamatan Kapohbaru, sehingga untuk proses pengobatannya saat ini diambil alih oleh Pemerintah desa tempat domisili Hafiz di Desa Sugihwaras Kecamatan Kepohbaru. Dari Desa tempat domisili orang tua Hafiz melalui Pemerintah desa, saat ini sedang diusahakan memperoleh bantuan pendaan melalui dinas sosial untuk pengobatan lebih lanjut.

“Walaupun secara administrasi kependudukan di Desa Sugihwaras Kecamatan Kepohbaru, namun untuk keseharian Hariz dan orangnya tinggal di Dusun Tlogo Desa Teleng dikarenakan tidak ada yang menjaga Hafiz ketika kedua orang tuanya bekerja bersama Kakek Rasim (60)  dan Neneknya Mursiti (52) yang merupakan buruh tani”, ucap Edy.

Masih menurut Edy, keluarga Hafiz merupakan katagori keluarga pra sejahtera yang setiap bulannya menerima bantuan BPNT dari Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui Pemerintah Desa. (Red/Lis)