Bupati Bojonegoro Dorong Dekranasda Terus Kembangkan Industri Kreatif Untuk Angkat Sektor Ekonomi

oleh -

SuaraBojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah berharap Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), dapat mengangkat sektor ekonomi  daerah, salah satunya dengan mengembangkan industri kreatif berbasis rumahan menjadi produk unggulan.

Hal itu disampaikan Bupati Anna saat pelantikan pengurus Deskranasda Bojonegoro periode 2018-2023 di Pendopo Malowopati, Senin (07/06/2021).

Pelantikan dan pengkukukan pengurus Deskranasda dilakukan langsung oleh Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, SE.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan selamat atas terbentuk dan dilantiknya pengurus Dekranasda Kabupaten Bojonegoro. Meski pelantikan baru dilakukan saat ini namun tidak mengurangi semangat dan kinerja para anggota Dekranasda.

Keberadaan Dkranasda menjadi pengejawantahan bahwa ekonomi besar tanpa kreativitas maka nilai ekonominya akan sangat minim. Namun dengan adanya kreatifitas, akan makin menunjang nilai ekonomi.

“Seperti terus bereksperimen dalam suatu produk, itu termasuk sesuatu yang sangat mahal  dalam memberikan nilai-nilai ekonomi,” ucapnya.

Bupati Anna juga menjelaskan bahwa selain memperbanyak produk handmade, kedepannya Dekranasda harus mampu mengangkat sektor industri kuliner dan sebagainya.

“Harapan besar dengan terbentuknya Dekranasda ini bisa mengalihkan sektor-sektor ekonomi yang berbasis rumahan baik itu dalam bentuk handicraft, fashion, maupun kerajinan yang lain menjadi produk unggulan,” ujar Bupati perempuan pertama tersebut.

Selain itu, Bupati Anna juga menambahkan bahwa saat ini Kabupaten Bojonegoro juga dalam pengembangan bunga krisan tepatnya di Kecamatan Sekar.

“Selain menjadi tanaman hias, kedepanya tanaman krisan dapat diolah menjadi produk-produk food creativity unggulan lainya,” ujar Bupati Anna. (Red/Lis)

Berikut nama susunan pengurus Dekranasda Kabupaten Bojonegoro masa jabatan 2018-2023 :

Ketua : Ninik Susmiati, SKM., M.Kes (Staf Ahli)
Ketua Harian : Welly Fitrama, S.STP, MM. (Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja)
Sekretaris : Drs. Darmawan (Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya alam)
Wakil Sekretaris : Drs. Gunardi (Sekretaris Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja)
Bendahara : Luluk Alifah, SE, MM. (Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah